Antisipasi Lonjakan Jamaah, Muhammadiyah Gresik Gelar Salat Idul adha di 118 Lapangan

Agus Ismanto
.
Jum'at, 08 Juli 2022 | 20:40 WIB
PDM Gresik menggelar salat idhul adha di 118 lokasi tersebar di Gresik, Sabtu (9/7/2022)

GRESIK, iNews.id - Pimpinan Daerah  Muhammadiyah (PDM)  Gresik mengelar salat Idul adha di 118 titik, tersebar di seluruh wilayah di kabupaten Gresik, Sabtu besok pagi(9/7/2022). 

Sekretaris Majelis Tabligh PDM Gresik,Sutrisno AF, mengatakan,keputusan menggelar sholat idhul adha, sesuai keputusan Pimpinan Pusat Muhammadiyah. "Keputusan ini,  berbarengan dengan pelaksanaan salat Ied di Arab Saudi dan sejumlah negara lain," ujarnya.

Sutrisno memperkirakan, terjadi peningkatan jumlah jamaah, karena keputusan tanggal hari raya Muhammadiyah sama dengan Pemerintah Arab Saudi dan beberapa negara lain. 

"Untuk itu, takmir dan panitia kami sarankan mengantisipasinya," jelasnya.

Pantauan pada Jumat (8/7) sore, panitia penyelenggara salat Ied telah melakukan persiapan di sejumlah titik lokasi di Gresik kota, diantaranya pemasangan alas, garis saf, dan sound sistem. 

Panitia penyembelihan hewan kurban juga telah rampung mempersiapkan sarana dan prasarana pemotongan hewan korban di masing-masing lokasi. 
"Karena Muhammadiyah menggelar salat Ied di lapangan, maka soal luas lokasi tidak menjadi kendala," lanjut Sutrisno. 

Terkait konten ceramah, tambahnya, sesuai petunjuk Pimpinan Pusat dan Wilayah. "Para da'i hendaknya mengajak umat menyikapi perbedaan dengan bijak dan tidak diperselisihkan," ujarnya. 

Di Kabupaten Gresik terdata sebanyak 118 lokasi pelaksanaan salat Iduladha. Terbanyak di cabang Balongpanggang sebanyak 19 titik, disusul Benjeng sebanyak 13 titik. Sedangkan paling sedikit di Kedamean, Sangkapura, dan Tambak masing-masing 1 titik.
 

Editor : Agus Ismanto
Bagikan Artikel Ini