get app
inews
Aa Read Next : Ratusan Warga Binaan Rutan Gresik Antusias Mencoblos Pemilu 2024

2 Tahun Ditiadakan, Rutan Gresik Kembali Membuka Layanan Kunjungan Tatap Muka

Kamis, 14 Juli 2022 | 14:19 WIB
header img
Rutan kelas II B Cerme, Gresik kembali membuka layanan kunjungan tatap muka. Pembukaan disertai dengan penerapan protokol kesehatan ketat.


GRESIK,iNews.id - Rumah tahanan (Rutan) negara Klas IIB Gresik, Jawa Timur, kembali membuka layanan kunjungan tatap muka bagi keluarga dan pembesuk narapidana.
 Pembukaan dilakukan, Setelah ditiadakan selama dua tahun dampak pandemi Covid-19

Kepala Rutan Klas IIB Gresik Aris Sakuriyadi mengatakan, kembali membuka kunjungan tatap muka bagi para penghuni lapas mulai Selasa (12/6/2022). Namun demikian, pembukaan disertai dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat, sesuai SOP yang ditentukan. 


"Respons masyarakat bagus sekali. Mereka mematuhi protokol kesehatan. Total kunjungan sekitar 80-an kunjungan, per hari," ujar Aris, Rabu (13/7/2022).


Aris menjelaskan, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi pembesuk, diantaranya pembatasan kunjungan dengan memprioritaskan keluarga inti narapidana. Pembesuk, lanjutnya, juga telah melakukan vaksinasi ketiga alias booster.
"Pengunjung yang belum menjalani vaksinasi booster, harus menunjukkan surat rapid kepada petugas," terangnya. 

Ia mengatakan, pembesuk yang belum menjalani vaksinasi, hanya bisa menitipkan barang atau layanan video call melalui zoom di ruangan yang telah disediakan. "Saat ini kita harus mengajak semua komponen menerapkan protokol Kesehatan secara ketat, sebagai upaya menghindari kemungkinan yang tidak diinginkan," terangnya. 


Aris menambahkan, agenda kunjungan tatap muka masih dibatasi, yakni 2 kali dalam seminggu yakni Hari Selasa dan Kamis.
 Meski begitu, antusiasme pembesuk cukup besar. "Mereka mengucapkan banyak terima kasih, karena bisa bertatap muka dengan keluarganya di Rutan," pungkasnya.

Editor : Agus Ismanto

Follow Berita iNews Gresik di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut