Logo Network
Network

Membanggakan. Prajurit Perempuan TNI AL Ini Raih Juara Turnamen Pencak Silat Dunia

Rizal Bomantama
.
Selasa, 02 Agustus 2022 | 15:11 WIB
Membanggakan. Prajurit Perempuan TNI AL Ini Raih Juara Turnamen Pencak Silat Dunia
Prajurit Korps Wanita TNI AL (Kowal) Sersan Jas/W Jeni Elvis Kause berhasil menjadi juara dunia dalam 19th World Pencak Silat Championship 2022 (FOTO : TNI AL)

JAKARTA, iNews.id - Prajurit Korps Wanita TNI AL (Kowal) Sersan Jas/W Jeni Elvis Kause berhasil menjadi juara dunia dalam 19th World Pencak Silat Championship 2022 di Melaka, Malaysia pada Minggu (31/7/2022). 

Prestasi yang ditorehkan prajurit Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Maumere, Lantamal VII Kupang, NTT ini membuat bangga TNI AL dan Indonesia. 

Ajang 19th World Pencak Silat Championship 2022 Melaka, Malaysia ini diikuti 22 negara. Serda Jas/W Jeni Elvis Kause yang bergabung memperkuat kontingen Indonesia berhasil mengantarkan Indonesia sebagai juara umum dengan perolehan 11 medali emas, 9 perak, dan 8 perunggu. Sementara juara kedua diraih oleh Malaysia dan juara ketiga diraih oleh Vietnam.

Penobatan juara umum diberikan setelah melalui perjuangan yang sangat ketat dengan mengalahkan kontingen dari Thailand dan Vietnam. 

Kontingen Indonesia berhasil mengalahkan Filipina di partai puncak. Komandan Lanal Maumere, Kolonel Laut (P) Dwi Yoga Pariyadi mengungkapkan rasa bangganya kepada Serda Jas/W Jeni Elvis Kause yang turut menyumbangkan medali emas.

"Keberhasilan prajurit meraih prestasi di lingkungan TNI AL dalam bidang olah raga merupakan pembinaan yang nyata dari keseriusan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono dalam memajukan olahraga melalui pembangunan berbagai fasilitas olahraga di seluruh pangkalan–pangkalan TNI AL seluruh Indonesia," katanya dikutip Selasa (2/8/2022).

Program itu diharapkan dapat melahirkan atlet-atlet aandal TNI AL yang berprestasi dalam kejuaraan di tingkat nasional maupun internasional. 

Prestasi prajurit Kowal kelahiran Kabupaten Sikka, NTT di cabang olahraga pencak silat ini bukan kali pertama. Sebelumnya dia mempersembahkan medali perak dalam ajang Sea Games tahun 2019 dan medali emas pada kejuaraan dunia di Belgia tahun 2019.

Editor : Agus Ismanto

Follow Berita iNews Gresik di Google News

Bagikan Artikel Ini