get app
inews
Aa Read Next : Timnas Indonesia Waspadai 3 Pemain Timnas Korea Selatan U-23, Seorang Pemain Skor Sementara

Kreatif. Ibu Rumah Tangga Daur Ulang kain Jeans Bekas Menjadi Sepatu Casual Cantik

Rabu, 03 Agustus 2022 | 22:01 WIB
header img
Sepatu daur ulang berbahan jeans bekas, kini semakin populer dan banyak diburu kelompok milenial.

MOJOKERTO, iNews.id - Seorang ibu rumah tangga, Liana Nirawati (25 tahun), warga desa Kepuhanyar, Kecamatan Mojoanyar, Kabupaten Mojokerto berhasil mendaur ulang kain jeans bekas menjadi sepatu bernilai ekonomis. 

Sepatu casual produknya, kini semakin populer dan banyak diburu kelompok milenial.Selain harganya terjangkau, model sepatu daur ulang produknya, lebih modis dan mengikuti selera anak muda. 

Liana Nirawati, mengatakan, ide pembuatan sepatu daur ulang berawal dari rasa keprihatinan. Karena banyak celana jeansnya yang menumpuk memenuhi almari.

"Dibuang sayang, tetapi kalau dibiarkan justeru memenuhi almari," ujarnya mengawali perjalanan usahanya, Rabu (3/8/2022). 

Sejak itu, Ibu rumah tangga yang dikaruniai tiga orang anak mengotak-atik kain jeans bekasnya untuk bahan sepatu. Bukan tanpa alasan, karena sebagian besar warga di kampungnya merupakan perajin sepatu.

"Semula saya membuat sepatu daur ulang untuk anak saya. Namun, banyak tetangga dan kenalan yang tertarik dan memesan sepatu daur ulang," terangnya. 

Lebih jauh, ibu rumah tangga yang terlahir dari keluarga perajin sepatu, semakin tertantang membuat sepatu dengan kualitas yang jauh lebih baik. "Sejak itu, saya lebih fokus membuat sepatu dan membuka outlet di depan rumah," ujarnya. 

Karena tingginya pesanan, maka Liana Nirawati, mempekerjakan sebanyak 8 orang pekerja di rumahnya. Sedangkan, produk sepatu daur ulang kain jeans bekas yang menjadi andalan yakni model casual dan sneaker.

"Alhamdulilah. Produk sepatu daur ulang berbahan kain jeans bekas laris manis diburu warga," jelasnya.

Menurutnya, proses pembuatan sepatu daur ulang tidak jauh berbeda dengan pembuatan  sepatu pada umumnya. Setelah kain jeans dipola, dilanjutkan dengan proses menjahit untuk disatukan dengan sol sepatu.

"Butuh ketelatenan ekstra, karena kain celana jeans tebal dan licin," urainya. 

Seirin perjalanan waktu, Liana Nirawati, juga mendaur ulang kain jeans untuk pembuatan tas beraneka model, topi dan sandal."Semuanya berbahan  kain jeans bekas dan banyak disuka warga," jelasnya.

Bagi anda yang berminat memiliki sepatu, tas dan sandal berbahan kain jeans bekas bisa membeli secara online maupun ofline dengan harga bervariatif mulai dari Rp 180 ribu rupiah - Rp 300 ribu per pasang. 

"Alhamdulilah dalam sebulan omzet penjualan mencapai Rp 10 juta  - Rp 15 juta rupiah per bulan," pungkasnya. 
 

Editor : Agus Ismanto

Follow Berita iNews Gresik di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut