get app
inews
Aa Read Next : Gagal Mendahului, Pemotor Asal Kebomas Tewas Kecelakaan

Spesial Sambel Wader Gresik, Hidangan Sederhana Menggugah Selera

Minggu, 09 Oktober 2022 | 20:58 WIB
header img
DIsajikan di atas cobek berpadu dengan gorengan dadar jagung manis, tempe, lalapan, sayur bening dan nasi hangat tak kalah dengan olahan sambal wader di kawasan Trowulan, Mojokerto yang menjadi sentranya olahan sambal wader

GRESIK, iNews.id - Kuliner Sambel Wader, kini menjadi primadona para pecinta kuliner di kota santri Gresik. Hidangan sederhana berbahan dasar ikan berukuran 5 centimeter hingga 10 centimeter menjadi trend karena memilikii kandungan protein serta asam lemak omega 3 yang bermanfaat bagi kesehatan.

HIdangan ala pedesaan yang mampu menggoda selera tersedia di sebuah warung sederhana terletak sekitaran Gedung Dakwah Muhamadiyah Gresik (GDM), jalan raya Permata Nomor 7, Perum Graha Bunder Asri, kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik. 

Spesial Sambal Wader Kebomas, memiliki kelezatan khas. DIsajikan di atas cobek berpadu dengan gorengan dadar jagung manis, tempe, lalapan, sayur bening dan nasi hangat tak kalah dengan olahan sambal wader di kawasan Trowulan, Mojokerto yang menjadi sentranya olahan sambal wader.

Pemilik warung spesial sambal Wader Kebomas, Pujiati atau yang akrab dipangggil Mbak Puji, mengatakan ikan wader nya jenis Wader Pari yang didatangkan dari Kabupaten Mojokerto. Ikan wader Pari ini, merupakan hasil tangkapan warga di sungai kawasan Pacet Mojokerto.

"Ikan Wader Pari rasanya lebih Gurih. Daging dan durinya lembut, sehingga tidak khawatir tertusuk durinya," ujar Ibu 2 orang anak asli Mojokerto, MInggu (9/10/2022).


Meski harga ikan wader Pari harganya jauh lebih mahal dibandingkan ikan wader tambak, tetapi perempuan yang sudah 10 tahun menggeluti olahan sambel wader, tidak mau berpindah. Dia tetap menjaga kualitas rasa demi memanjakan para pelanggannya.

Namun, lanjut Mbak Puji, pasokan ikan wader pari tidak selamanya lancar. Saat, memasuki musim penghujan, sungai meluap dan banjir terjadi dimana-mana dan warga tidak bisa menangkap ikan. "Kalau sudah begini, ya pasokan terhambat," terangnya. 

Anda pecinta kuliner yang berkunjung warung spesial sambel wader juga dapat menikmati sajian tradisional menyehatan lainnya, diantaranya pindang sarden, panggang Tengiri dan Ikan Laut Kuniran. Namun, yang tidak kalah sensasinya yakni minuman tradisional Serai Jahe. 

Lebih jauh, Mbak Puji, menjelaskan, sejak wabah pandemi Covid-19, minuman serai jahe menjadi sajian favorit. Minuman ini, berbahan dasar, serai, jahe dan gula aren dari pulau Bawean. Jahenya diiris tipis, serainya digeprek kemudian diberi gula aren asli dari Pulau Bawean. 

"Sampai sekarang, minuman Serai Jahe menjadi sajian favorit warga. Karena bermanfaat bagi kesehatan untuk meningkatkan imunitas tubuh," jelas Mbak Puji.


Warung spesial sambel wader Kebomas, yang buka sejak tahun 2014 lalu, kini menjadi jujugan para pecinta kuliner di Gresik, terutama saat jam makan siang. 
Lokasinya yang berdekatan dengan kawasan perkantoran yakni gedung dakwah Muhammadiyah, Pengadilan negeri , Kejaksaan Negeri, BPN, PDAM, RSUD Ibnu Sina, dan Icon Mall menjadikannya sebagai alternatif kuliner bercitarasa tradisonal.

Salah satu pelanggan Sambel wader, M Zainuddin, mengatakan menyukai sambel wader, karena sensasi rasanya yang gurih, pedas dan lezat. "Pokoknya maknyus. Wader dicocol dengan sambel dan nasi hangat ditambah sayur bening. Hemmm, bikin tubuh berkeringat," ujarnya.

Kuliner sambel wader, menurutnya, bermanfaat bagi kesehatan. Non kolesterol mengandung banyak protein dan  asam lemak omega 3, sehingga bermanfaat bagi kesehatan. "Cocok untuk hidangan keluarga. Serasa bernostalgia mengingatkan pada masa kecil dahulu," kenangnya. 

Editor : Agus Ismanto

Follow Berita iNews Gresik di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut