get app
inews
Aa Read Next : Gelaran Inovasi Petrokimia Gresik 2024, Dongkrak Nilai Tambah Mencapai RP381 Miliar

Peringati Hari Kesehatan Nasional, PG Komitmen Tingkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat

Selasa, 14 November 2023 | 15:00 WIB
header img
Dirut PG, Dwi Satriyo Annurogo (dua dari kanan) saat menyapa peserta Khitan Umum dalam rangka HUT ke-51 Petrokimia Gresik di GOR Tri Dharma

iNewsGresik.id - Petrokimia Gresik berkomitmen meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di sekitar perusahaan, melalui beragam program peduli kesehatan. Hal ini, disampaikan Direktur Utama Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo, saat peringatan Hari Kesehatan Nasional 2023, Selasa (13/11/2023).

Dwi Satriyo mengatakan kesehatan merupakan kebutuhan dasar setiap manusia. Melalui program peduli kesehatan, Petrokimia Gresik terus berupaya meningkatkan produktivitas masyarakat di sekitar perusahaan. Hal ini, untuk mendorong kesejahteraan keluarga dan perekonomian daerah. 

"Tanpa tubuh yang sehat, Kita kesulitan beraktivitas, berpikir kreatif dan berinovatisi. Oleh karena itu, Petrokimia Gresik berkomitmen terus meningkatkan derajat kesehatan masyarakat untuk mendongkrak produktivitas. Alhamdulillah. Petrokimia Gresik bisa berkontribusi tingkatkan derajat kesehatan masyarakat sekitar," ungkap Dwi Satriyo. 

Program peduli kesehatan Petrokimia Gresik 2023, dikemas dalam beberapa kegiatan di antaranya menggelar Jumat Sehat yakni pemeriksaan kesehatan gratis dan edukasi Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) untuk para guru ngaji (Jemari). 

"Kegiatan peduli kesehatan bertajuk Jemari ini, melibatkan sebanyak 221 guru ngaji dari wilayah sekitar perusahaan," tegas Dwi Satriyo.

Kegiatan Jemari ini, lanjutnya, juga dilakukan pemberian layanan pemeriksaan fisik umum, pengukuran tekanan darah, pengukuran berat badan, mini medical checkup, dan konsultasi kesehatan. Selain itu, juga menyediakan sesi Edukasi, terkait kesehatan di antaranya pola makan sehat, olahraga yang baik, manajemen stres, pencegahan penyakit, dan cara menjaga kesehatan tubuh.

"Kesehatan guru ngaji menjadi prioritas, agar mereka dapat menjalankan tugasnya dalam membangun kecerdasan spiritual para santrinya dengan optimal," bebernya. 

Masih kata Dwi Satriyo, Peduli kesehatan Petrokimia Gresik juga dilaksankan untuk masyarakat di luar Gresik. Khususnya masyarakat sekitar Instalasi Pengolahan Air (IPA) Gunungsari (Surabaya) dan IPA Babat (Lamongan), serta masyarakat Kabupaten Pati dan Tegal, Jawa Tengah. 

"Kegiatan ini dikemas melalui pemeriksaan kesehatan gratis di tengah-tengah kegiatan jalan sehat bersama masyarakat," terangnya.

Menurutnya, Jemari dan pemeriksaan kesehatan di kegiatan jalan sehat merupakan bagian dari program Jus Sehat (Jumat Semua Sehat) yang dilaksanakan Petrokimia Gresik. Kegiatan ini, merupakan realisasi ketiga program kepedulian Petrokimia Gresik terhadap kesehatan masyarakat. 

"Tahun ini ada 13 titik Jus Sehat yang berada di Gresik dan luar Gresik dengan menyasar sebanyak 1.578 peserta," bebernya. 

Petrokimia Gresik juga memberikan bantuan 1 Unit mobil jenazah untuk masyarakat Gresik melalui Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Gresik. Bantuan ini untuk melengkapi fasilitas di 'Posko 24 Jam' kolaborasi PMI Gresik dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Kesehatan setempat. 

Pada momen ulang tahun ke-51 Petrokimia Gresik, Perusahaan juga menyelenggarakan khitanan gratis untuk 100 anak di sekitar perusahaan. Selain khitan gratis, anak-anak juga mendapatkan obat, kontrol pasca khitan, dan souvenir (sarung dan celana khitan). Para peserta khitan juga akan mendapat uang pengganti transportasi.

Dwi Satriyo menambahkan Petrokimia Gresik juga memiliki banyak program peduli kesehatan masyarakat yang lain, mulai dari lomba senam bugar untuk masyarakat sekitar perusahaan, program Rangkul Djiwa, kawal anak bebas stunting, bantuan susu, dan masih banyak lagi.

Atas komitmen peduli kesehatan tersebut, Petrokimia Gresik mendapatkan sejumlah penghargaan dari stakeholder. Di antaranya Petrokimia Gresik menerima anugerah "Jatim Bangkit Award 2023" pada kategori 'Perusahaan dengan Dukungan Terhadap Pemulihan dari Dampak Pandemi Terbaik (BUMN/BUMD Jawa Timur)'.

Petrokimia Gresik juga berhasil memborong enam penghargaan, sekaligus dengan kategori '4 Star' dalam ajang Indonesian Conference & Competition Occupational Safety and Health (ICC-OSH) 2023.

"Petrokimia Gresik selalu berperan aktif dalam mengajak masyarakat sekitar untuk menerapkan gaya hidup sehat dan aktif. Kami percaya bahwa kesehatan dan kebugaran adalah investasi masa depan yang lebih baik, baik bagi individu maupun komunitas secara keseluruhan," pungkas Dwi Satriyo.


 

Editor : Agus Ismanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut