get app
inews
Aa Read Next : Komplotan Pencuri Spesialis Ban Serep di Jalan Tol Diringkus

Berburu Keberkahan, 11 Santri Mambaus Sholihin Gresik Nikah Massal di Haul Malam Selikur

Selasa, 02 April 2024 | 04:57 WIB
header img
Seorang santri melangsungkan akad nikah di acara haul malam selikur tahun 2024 kemarin. (Foto : Istimewa)

iNewsGresik.id- Sebanyak 11 pasangan santri Pondok Pesantren (Ponpes) Mambaus Sholihin Gresik melangsungkan akad nikah di haul malam 21 yang digelar di Aula Ponpes di Desa Suci, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik. 

Selain berburu keberkahan dari Majelis Haul Malem selikur atau Malam 21 Ramadan, kegiatan ini juga menjadi ajang silaturahmi bagi para alumni. Karena, sebanyak 8500 alumni dari berbagai daerah bakal mengikuti majelis haul ini.

Sesuai tradisi, sebelum acara Haul Malam Selikur berlangsung, bakal ada para santri yang dinikahkan secara massal. Santri yang dinikahkan ini, merupakan santri senior yang sudah lama mengabdikan diri di pondok.

Momen ini, tentu menjadi momen yang ditunggu pasangan santri. Bagaimana tidak! para santri ini, melangsungkan akad nikah disaksikan para habaib, para kiyai dan ribuan santri serta alumni.

Ketua Umum Himpunan Alumni Mambaus Sholihin (Himam) Pusat, Dr Maftuh mengatakan, Nikah Massal di acara Majelis Haul Malem selikur merupakan tradisi setiap tahun. Sedang para santri yang dinikahkan terdiri dari santri senior yang sudah lama mengabdikan diri di pondok.

“Jadi ini memang menjadi tradisi santri yang lama tinggal di pondok. Biasanya melangsungkan akad nikah saat acara-acara besar di Pondok. Termasuk Haul Malem selikur ini,” ucapnya, Minggu (31/3/2024).

Menurut dia, dari sekian acara Majelis Haul Malem selikur yang sudah berjalan bertahun-tahun ini. Paling banyak santri yang melangsungkan akad pada acara Majelis Haul Malem selikur, pada tahun 2024 ini.

“Biasanya hanya satu atau dua. Kebetulan tahun ini yang spektakuler karena ada 11 pasangan,” jelasnya.

Dari 11 pasangan ini, tambah Maftuh, terdiri dari santri yang mayoritas sudah menjadi guru pondok. Serta santri yang lama mukim dan mengabdi di Pondok.


“Diantara 11 santri, 1 santri dari luar Jawa dari Pulau Ambon, Provinsi Maluku,” tambahnya.

Sekedar informasi, para santri yang melangsungkan akad nikah ini menjadi momen istimewa. Lantaran, di momen tersebut dihadiri Pengasuh Ponpes Mambaus sholihin KH Masbuhin Faqih, bersama habaib, ulama, agagis, santri dan alumni Ponpes Mambaus sholihin.

Editor : Agus Ismanto

Follow Berita iNews Gresik di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut