get app
inews
Aa Read Next : Berangkat Kerja, Buruh Pabrik asal Lamongan Tewas Terlindas Truk

Tekan Angka Kecelakaan, Pemudik Motor Diminta Tak Bawa Anak dan Muatan Berlebih

Selasa, 02 April 2024 | 05:43 WIB
header img
Pemudik motor diimbau berhati-hati saat perjalanan. (Foto: iNews.id/Abdul Rohman)

JAKARTA, iNewsGresik.id - Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) dan Forum Transportasi Jalan Raya dan Kereta Api (ForJaKA) mengimbau para pemudik berkendara motor tidak membawa muatan berlebih.

Hal ini untuk meningkatkan keselamatan dan meminimalisir tingkat kemacetan di jalan raya. 

Ketua Umum MTI, Tory Damantoro, mengatakan membawa muatan berlebih dapat membahayakan keselamatan pengendara dan penumpang.

"MTI berharap masyarakat tak mudik dengan sepeda motor, apalagi dengan membawa anak-anak kecil, itu kami tak sarankan," ujar Tory, Senin (1/4/2024). 

Tory menyarankan agar pemudik memanfaatkan fasilitas mudik gratis yang disediakan pemerintah maupun swasta. 

"Fasilitas mudik gratis dan fasilitas moda transportasi lainnya bisa sangat dimanfaatkan masyarakat untuk menghindari penggunaan sepeda motor, terutama jarak jauh lebih dari 1 jam," tuturnya. 

Hal senada disampaikan, bendahara ForJaKA, Joni GA Selayan. Menurutnya, pemudik dengan kendaraan bermotor menempati peringkat tertinggi angka kecelakaan di jalan raya. 

"Oleh karena itu, Kami imbau agar regulator menyiapkan fasilitas untuk pemudik berkendara motor. Hal ini, untuk memberikan rasa nyaman dan aman di jalan. Naik kereta atau naik kapal dan lain-lain, nanti diintegrasikan sampai ke kampung mereka karena sepeda motor ini paling diminati sekarang," papar Joni.

Editor : Agus Ismanto

Follow Berita iNews Gresik di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut