get app
inews
Aa Read Next : Sambut HUT ke - 78 Bhayangkara, Polek Cerme Bagikan Paket Sayur dan Ribuan Ekor Ikan Lele Segar

Sambut Hari Bhayangkara ke 78, Polsek Cerme Ajak Anak Anak Menanam Pohon dan Bertani

Kamis, 27 Juni 2024 | 11:21 WIB
header img
Polsek Cerme, Muspika, pengurus Bhayangkari, perangkat desa dan anak anak menanam padi di sawah

iNewsGresik.id - Memupuk kecintaan terhadap pertanian dan perkebunan sejak usia dini, Polsek Cerme mengajak anak anak TK dan sekolah dasar  menanam padi di sawah dan menanam pohon di desa Pandu Kecamatan Cerme, Kabupaten Gresik, Kamis (27/6/2026).

Bhaksos bertajuk 'Menumbuhkan Kecintaan Pertanian di Usia Dini' merupakan rangkaian peringatan ke-78 Bhayangkara yang diinisiasi Polsek Cerme bersama Muspika, pengurus Bhayangkari, kader PKK, perangkat desa dan anak anak TK serta SD.

"Kegiatan bertani dan menanam pohon ini,  sebagai wujud kepedulian Polri dalam membantu masyarakat dan memudahkan ketersediaan pangan yang cukup di wilayah kecamatan Cerme," ujar Kapolsek Cerme,Iptu Andik Asworo, Kamis (27/6/2024).

Gerakan gemar bertani dan berkebun ini, mereka menanam beragam jenis pohon produktif di antaranya Kelapa, Sukun, Nangka, Mangga, dan Trembesi di aliran tanggul sungai Lamong yang melintas di Pandu. 

"Bhaksos penanaman pohon ini, sebagai upaya mencegah banjir dan longor, karena pohon mampu menjadi penghalang alami yang memperlambat aliran air hujan menuju rumah warga," ujar Andik Asworo. 

Pada kegiatan ini, lanjutnya, pihaknya juga menanam padi di lahan waduk desa Pandu seluas hampir 1,5 Hektar. Selain itu, juga mmperkenalkan anak anak TK tata cara menanam padi di sawah. 

“Keikutsertaan anak anak, sebagai upaya mengenalkan dan edukasi pertanian sejak usia dini, sehingga memunculkan kecintaan anak - anak terhadap pertanian dan lingkungan di sekitarnya,"ungkapnya.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Pandu, Agus Winarno mengapresiasi upaya Polsek Cerme dengan melakukan gerakan menanam pohon produktf dan bertani. Hal ini, efektif untuk mencegah terjadinya banjir dan tanah longsor.

"Mewakili warga saya sangat mengepresiasi dan berterimakasih kepada Polsek Cerme. Kami mendoakan supaya bapak Kapolri dan seluruh jajarannya semakin baik dan profesional," ujarnya.

Agus Winarno menambahkan Bhaksos dalam rangka peringatan hari Bhayangka ke 78 ini, juga efektif membangun tali silaturahmi dengan warga dan meningkatkan rasa aman dan nyaman di tengah masyarakat.

"Melalui kegiatan ini, Kami berharap polisi semakin dekat dengan masyarakat, kondisi wilayah semakin aman, guyub dan rukun," pungkas Agus Winarno. 

Editor : Agus Ismanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut