get app
inews
Aa Read Next : Lestarikan Lingkungan, MLH Mumammadiyah Gresik Ajak Generasi Milenial Kurangi Sampah Plastik

Peringati Hari Anak Nasional, PT PLN NP Gresik Gemakan Generasi Sehat dan Peduli Lingkungan

Rabu, 24 Juli 2024 | 09:37 WIB
header img
Kampung Edutaintment di pos Bank Sampah Candrawati, Kebun Pangan Lokal (Bungalo) Lestari, dan Kreasi Eco Enzyme.

iNewsGresik.id - Peringati Hari Anak Nasional, PT PLN Nusantara Power UP Gresik merealisasikan Program Pemberdayaan Masyarakat bertajuk ASA BERGENDING yakni Aman Sehat Berdaya Perempuan di desa Gending, kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik. 

Program ini memberikan ruang bagi perempuan untuk berdaya serta memiliki kompetensi yang unggul dalam berbagai sektor di antaranyai pengelolaan lingkungan, peningkatan ekonomi melalui UMKM serta pemanfaatan limbah secara kreatif menjadi produk unggul dan bernilai guna. 

Assistant Manager PT PLN Nusantara Power UP Gresik, M. Dimas Mucharomi mengatakan program ini mendukung upaya peningkatan kualitas relawan kader posyandu, peningkatan khazanah pengetahuan orang tua terkait gizi dan pengasuhan anak demi menumbuhkan generasi cemerlang menuju Indonesia Emas.

“Kami berharap kegiatan ini, mampu berkontribusi untuk mewujudkan generasi masa depan yang Bahagia sehat dan cinta pada lingkungannya.“ ujarnya, Selasa (23/7/2024).

Pria yang akrab disapa Dimas menambahkan pihaknya juga menggelar sejumlah kegiatan di antaranya senam Pancasila Bersama 50 siswa dari 3 sekolah dasar di Kecamatan Kebomas. 

Kemudian pelatihan Pemenuhan Gizi Keluarga bekerjasama dengan dokter dan Ahli Gizi dari RS Semen Gresik. Diikuti sebanyak 70 orang peserta terdiri dari kader posyandu, wali balita dengan berat badan rendah dan wali murid siswa sekolah. 

"Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan khazanah pengetahuan kita, memberikan gambaran yang tepat asupan gizi yang cukup untuk seluruh keluarga yang tidak hanya fokus pada kuantitas namun juga kualitas, " bebernya. 

Selain itu, lanjut Dimas, pihaknya juga melaksanakan Kampung Edutaintment di 3 titik yakni Bank Sampah Candrawati, Kebun Pangan Lokal (Bungalo) Lestari, dan Kreasi Eco Enzyme. 

Kegiatan di Pos Bank Sampah Candrawati, mengajarkan siswa tentang jenis sampah, pemilahan sampah anorganik dan praktek pembuatan kompos dari sampah rumah tangga. 

Kemudian di Pos Bungalo Lestari, mengajarkan kader lingkungan tentang jenis sayuran dan praktek menyemai benih sayuran pada media tanam. 

Sedangkan di Pos Kreasi Eco Enzyme, mengajarkan kades belajar praktek pemanfaatan limbah jelantah dan eco enzyme menjadi sabun. 

"Target kegiatan ini, Kader kelurahan Gending yang mendapatkan pembinaan mampu mengimplementasikan  lingkungan yang sehat dan mampu mendiseminasikan kepada warfa dan kelompok masyarakat lainnya, " tandasnya.

Sekretaris Camat Kebomas, Hidayatul Muslimah menyatakan “Pemerintah Kecamatan Kebomas mendukung penuh kegiatan yang diinisiasi PLN Nusantara Power di Kelurahan Gending.

"Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini. Semoga para kader dapat terus menularkan semangatnya dan memberikan manfaat untuk sekitarnya.” ujarnya. 

Sementara itu, Kepala Bidang Perlindungan Perempuan Anak Pengarusutamaan Hak Anak, Sri Yoeni Ambarwati, mengingatkan kembali hak anak melalui Tepuk Hak Anak, yakni Hak Hidup, Tumbuh Kembang, Perlindungan, dan Partisipasi. 

“Anak adalah seseorang yang belum berusia 18 (delapan belas) tahun, termasuk anak yang dalam kandungan. Hak anak adalah bagian dari hak asasi manusia, yang wajib dijamin, dilindungi, dan dipenuhi oleh orang tua, keluarga, masyarakat, negara, pemerintah, dan pemerintah daerah, " ingatnya. 

Masih kata Sri Yueni perlindungan Anak adalah segala kegiatan untuk menjamin dan melindungi anak dan hak-haknya agar dapat hidup, tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara optimal sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan serta terhindar dari resiko kerentanan dan terlindungi dari kekerasan dan diskriminasi. 

"Tentu hari ini menjadi pengingat bagi kita, untuk semakin aware lagi tentang tumbuh kembang anak kita, dan pemenuhan hak-haknya, serta perlindungan untuk mereka seutuhnya.” pungkasSri Yoeni. 

Editor : Agus Ismanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut