get app
inews
Aa Read Next : SIG Bantu Usaha Mikro dan Revitalisasi Fasilitas Pendidikan di Lamongan dan Gresik

Terhalang Asap Pembakaran Lahan, 4 Mobil Bertabrakan di Jalan Tol Sumo

Rabu, 14 Agustus 2024 | 13:23 WIB
header img

iNewsGresik.id - Sebanyak 2 unit mobil penumpang dan 2 unit kendaraan truk terlibat kecelakaan di ruas jalan raya tol Surabaya - Mojokerto (Sumo) kilometer 723 di Desa Pasinan, Kecamatan Wringinanom, Kabupaten Gresik, Selasa (13/8/2024).

Peristiwa kecelakaan beruntun ini, diduga karena terhalangnya pemandangan pengemudi akibat kepulan asap yang ditimbulkan dari aktivitas pembakaran lahan di pinggir jalan tol Sumo. 

Tidak ada korban jiwa dalam musibah kecelakaan ini, tetapi sebanyak 5 orang pengemudi dan penumpang mini bus menderita luka ringan dan harus dilarikan ke rumah sakit PT Petrokimia Gresik, di desa Driyorejo, kecamatan Driyorejo, Kabupaten Gresik.

Sebanyak 4 kendaraan yang terlibat dalam musibah kecelakaan beruntun yakni 2 unit mobil penumpang masing-masing Wuling Nopol S 1258 YB yang dikemudikan Lara Asih Mulya (38), warga Jombang dan Toyota Innova Nopol L 1390 CAS yang dikemudikan Tiyok Arifanto (47), Kabupaten Kediri. 

Sedangkan 2 unit kendaraan truk masing-masing truk Box Nopol L 8090 BG yang dikemudikan Ahmad Mares Susatyo (34) warga Asemrowi, kota Surabaya dan truk Colt diesel yang langsung kabur usai kejadian.

Kanit Gakumdu, Ipda Aswoko mengatakan peristiwa kecelakaan terjadi, saat mobil penumpang Wuling, sedang melaju dengan kecepatan sedang dari arah Surabaya menuju Jombang. 

Sesampainya di lokasi kejadian, pemandangan pengemudi terhalang kepulan asap tebal akibat pembakaran lahan di pinggir tol. 

Terbatasnya pemandangan, menyebabkan mobil penumpang Wuling menabrak kendaraan truk colt diesel di depannya. 

Pada saat bersamaan, tepat di belakangnya melaju kendaraan truk box dan mobil Inova yang berjalan beriringan. 

"Karena jaraknya terlalu dekat, maka kecelakaan tidak terhndarkan sehingga 4 unit kendaraan terlibat kecelakaan beruntun," ujarnya, Rabu (14/8/2024).

Ipda Aswoko menambahkan terkait musibah kecelakaan beruntun tersebut, pihaknya mengimbau warga agar tidak membakar lahan secara sembarangan di sekitar ruas jalan tol, karena rawan terjadi kecelakaan.

"Kami juga mengajak masayarat pengguna jalan agar senantiasa meningkatkan kewaspadaan dengan selalu menjaga jarak aman agar terhindar dari kecelakaan," terangnya. 

Sebanyak 5 orang korban luka ringan, lanjutnya, telah dipulangkan usai menjalani perawatan dari rumah sakit. "Kondisi korban berangsur membaik dan telah dipulangkan," pungkas Ipda Aswoko.

Editor : Agus Ismanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut