get app
inews
Aa Read Next : Disri Wulan Agustomo Serahkan Jabatan Kepala Rutan Kelas IIB Gresik, kepada Yuliawan Dwi Nugroho

Ratusan Warga Binaan Rutan Gresik Sujud Syukur Usai Mendapatkan Remisi HUT RI

Sabtu, 17 Agustus 2024 | 13:38 WIB
header img
13 Warga binaan yang mendapatkan remisi bebas melakukan sujud syukur di depan pintu masuk Rutan Greskk

iNewsGresik. id– Sebanyak 488 warga binaan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Gresik Kanwil Kemenkumham Jatim mendapatkan remisi dalam rangka perayaan HUT RI ke-79. 

Upacara pemberian remisi atau pengurangan masa hukuma .kepada warga binaan yang berprilaku baik selama menkalani masa tahanan dipimpin Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani di halaman kantor Bupati Gresik, Sabtu (17/8). 

Suasana haru dan penuh syukur mewarnai acara tersebut.  Warga binaan yang mendapatkan remisi melakukan sujud syukur. Hal ini, sebagai ungkapan terima kasih atas pengurangan hukuman yang mereka terima. 

Fandi Akhmad Yani dalam sambutannya menyampaikan bahwa remisi ini merupakan bentuk penghargaan atas kedisiplinan dan ketaatan warga binaan dalam mengikuti berbagai program rehabilitasi di Rutan Gresik.

"Pemberian remisi ini diharapkan menjadi semangat baru bagi warga binaan untuk terus berperilaku baik dan semakin baik lagi, ," ujar Fandi Akhmad Yani.

Bupati yang akrab disapa Gus Yani menekankan pentingnya melanjutkan perubahan positif dan memanfaatkan kesempatan ini untuk berintegrasi kembali ke masyarakat dengan lebih baik. 

"Saya berharap para warga binaan dapat menjadi individu yang lebih baik dan berkontribusi positif di lingkungan masing-masing setelah bebas nanti, " tegasnya. 

Kepala Rutan Gresik, Disri Wulan Agus Tomo, menyampaikan bahwa pemberian remisi ini diharapkan dapat menjadi motivasi tambahan bagi seluruh warga binaan untuk terus berupaya menjadi pribadi yang lebih baik.

"Saya harapkan pemberian remisi ini, proses rehabilitasi di Rutan Kelas IIB Gresik dapat semakin efektif serta mendukung upaya reintegrasi sosial bagi para warga binaan setelah mereka menyelesaikan masa hukuman," ujar Disri.

Disri menambahkan, sebanyak 13 dari total sebanyak 488 warga binaan yang mendapatkan remisi langsung bebas. 

"Remisi ini memberikan kesempatan untuk memulai hidup baru dan kembali berintegrasi dengan masyarakat, "ungkapnya.


Salah satu warga binaan, Zainal Abidin mengungkapkan rasa syukur dan kebahagiaan. Ia  menyampaikan terima kasih kepada pihak rutan dan pemerintah atas kesempatan. 

"Kami berjanji untuk terus berperilaku baik dan mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk kembali ke masyarakat, " ujar 

Pemberian remisi ini, lanjutnya menjadi motivasi untuk menjalani hidup dengan lebih baik dan tidak mengulangi kesalahan di masa lalu.

"Saya bertekad memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin, dan berkontribusi positif kepada masyarakat, " pungkas Zainal abidin. 

Editor : Agus Ismanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut