get app
inews
Aa Read Next : Berdayakan Masyarakat, PLN NP UP Gresik Gelar Pelatihan Budidaya Jamur

Bangkitkan Potensi Desa, PLN NP UP Gresik Bersinergi Luncurkan Agrowisata Pelemsewu

Jum'at, 06 September 2024 | 14:53 WIB
header img
Panen perdana buah semangka di lahan seluas 4,5 hektar

iNewsGresik. id– PT PLN Nusantara Power up Gresik bersinergi dengan Pemdes Pelemwatu, Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik, meresmikan Agrowisata Pelemsewu di desa Pelemwatu, Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik, Jumat (6/9)

 Kolaborasi ini bertujuan untuk mengembangkan potensi lokal, memperkuat sektor pertanian dan meningkatkan pendapatan masyarakat desa.

 Prosesi peresmian Agrowisata Pelemsewu ditandai dengan panen perdana buah semangka di lahan seluas 4,5 hektar di desa setempat.

 Hadir dalam kegiatan ini, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Gresik, Eko Anindito Putro. Paerwakilan PLN NP Gresik, Abdul Kholik. Perwakilan Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif, Budaya, dan Pemuda dan Olahraga (Disparekrafbudpora), dan Kepala Desa Pelemwatu, Sukayin.

 Perwakilan PLN NP Gresik, Abdul Kholik menyampaikan rasa bangganya atas pencapaian peresmian Agrowisata Pelemsewu ini.

 "Kami sangat bangga dapat menjadi bagian dari inisiatif ini. Agrowisata Pelemsewu bukan hanya sekadar destinasi wisata, tetapi juga wujud nyata dari komitmen kami untuk mendukung pengembangan ekonomi desa melalui sektor pertanian," ujarnya.

 Abdul Kholik, menambahkan bahwa PLN Nusantara Power berkomitmen untuk terus mendukung program-program yang memberdayakan masyarakat lokal.

 "Panen perdana kebun semangka hari ini menjadi langkah awal dari keberlanjutan pengembangan potensi pertanian di desa ini. Semoga ini dapat menjadi contoh bagi desa-desa lain untuk terus berinovasi dan berkembang," ungkapnya.

Sellama tiga tahun terakhir, lanjut Abdul Kholik, pihaknya telah menyalurkan berbagai bantuan di desa Pelemwatu.
Pada tahun 2022, pihaknya memberikan bantuan 1.000 bibit pohon mangga.

 Kemudian di tahun 2023 melakukan pembangunan foodcourt. "Kini, PLN kembali berkontribusi bidang pengembangan pertanian buah dan agrowisata Pelemsewu, " terangnya.

 Masih kata Abdul Kholik, keberadaan agrowisata ini, diharapkan dapat menciptakan lapangan kerja baru dan meningkatkan perekonomian warga setempat.

 "Setidaknya, destinasi Agrowisata menjadikan Desa Pelemwatu lebih dikenal di kalangan wisatawan, " tandasnya.

 Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pertaniam, Eko Anindito Putro mengapresiasi kontribusi nyata PLN NP Gresik yang telah berperan aktif membantu petani di Kabupaten Gresik.

 "Sebelumnya, PLN telah membantu pengadaan sumur bor untuk petani sayur-mayur di Benjeng, " ujarnya.

 Untuk mengoptimalkan pertanian di Pelemwatu, pihaknya berencana berkoordinasi dengan instansi terkait, termasuk PLN.

 "Hal ini untuk merealisasikan bantuan sumur bor yang dapat digunakan untuk mengairi lahan pertanian, terutama saat musim kemarau, " tegasnya.

 Kepala Desa Pelemwatu, Sukayin menyampaikan apresiasi kepada PLN Nusantara Power atas inisiatif tersebut.

 "Kami sangat berterima kasih atas dukungan yang diberikan untuk memajukan desa kami melalui agrowisata ini. Semoga Agrowisata Pelemsewu menjadi daya tarik baru dan mampu meningkatkan kesejahteraan warga," ujarnya.

Editor : Agus Ismanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut