get app
inews
Aa Read Next : HSN 2024, SDIT Yaa Bunayya Kampanyekan Zero Waste Lewat Pameran dan Baza

Hari Santri Nasional 2024, Ratusan Santri Gresik Siap Lanjutkan Perjuangan Pendahulu

Selasa, 22 Oktober 2024 | 14:30 WIB
header img
Upacata hari santri di Alun alun Sidayu Gresik

SIDAYU, iNewsGresik.id- Peringatan Hari Santri menjadi momen berharga untuk mengenang dan meneladani perjuangan para santri yang berperan penting dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Demikian disampaikan oleh Plt Bupati Gresik, Aminatun Habibah, saat menjadi Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Santri yang dipusatkan di Alun-alun Sidayu, Selasa (22/10/2024).

Upacara tersebut dihadiri oleh ratusan santri dan berbagai elemen masyarakat, termasuk tokoh-tokoh agama dan pejabat setempat. Dengan mengusung tema "Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan", peringatan tahun ini menegaskan peran santri dalam meneruskan perjuangan para pendahulu.

Peringatan Hari Santri juga erat kaitannya dengan peristiwa Resolusi Jihad yang dikeluarkan oleh Hadratussyaikh KH. Hasyim Asy'ari pada tahun 1945.

Resolusi ini menjadi tonggak semangat perjuangan para santri dalam melawan penjajahan. "Dari fatwa Resolusi Jihad tersebut, Hadratussyaikh KH. Hasyim Asy'ari menyatakan bahwa berperang melawan penjajahan adalah kewajiban setiap umat Islam," ujar Bu Min, sapaan akrab Aminatun Habibah.

Dalam sambutannya, Bu Min menjelaskan bahwa tema Hari Santri tahun ini merupakan penegasan bahwa santri masa kini memiliki tugas untuk meneruskan perjuangan para pendahulu, yang dengan gigih berjuang demi kemerdekaan dan keutuhan bangsa.

"Menyambung juang bukan hanya mengenang masa lalu, tetapi juga beraksi dengan semangat dalam menghadapi tantangan zaman modern. Jika dulu para pendahulu berjuang dengan senjata, maka santri saat ini berjuang melawan kebodohan dan kemunduran dengan pena," lanjutnya.

Sebelum menutup sambutannya, Bu Min menegaskan bahwa Hari Santri bukan hanya milik para santri pesantren, tetapi juga milik seluruh elemen bangsa yang mencintai negaranya.

"Ini adalah perayaan kita semua, bukan hanya bagi para santri, tetapi bagi seluruh rakyat Indonesia yang peduli terhadap kemajuan bangsa," tegasnya.

Acara ini dihadiri oleh berbagai tokoh masyarakat dan organisasi, seperti TNI, Polri, ASN, Banser, Kokam, Pemuda Muhammadiyah, Muslimat, Fatayat, Ansor, dan berbagai elemen lainnya, yang turut memeriahkan peringatan Hari Santri di Gresik.

Editor : Agus Ismanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut