get app
inews
Aa Read Next : Bank SumselBabel Pimpin Klasemen Sementara, Usai Taklukkan Jakarta Garuda

Pabrik Kayu Ekspor Ludes Dilalap Api

Minggu, 08 Mei 2022 | 16:27 WIB
header img

GRESIK, iNews.id- Pabrik kayu ekspor, PT Brawijaya ludes dilalap api, Minggu (8/4/2022). Tidak ada korban jiwa, namun kerugian miliaran didera pabrik berlokasi di Gulomantung, Kecamatan Kebomas, Gresik, Jawa Timur. 

Informasi yang dihimpun, api diketahui pertama kali pukul 07.30 WIB. Api melalap tiga bangunan yang dipakai Gudang kayu olahan tersebut. Beberapa kali terdengar ledakan di lokasi tiga Gudang. Diduga bunyi ledakan itu dari bahan kimia poles kayu. 

Dugaan sementara, penyebab kebakaran dipicu karena putung rokok. Hanya tidak diketahui pemiliknya. Hanya, dari putung rokok itu diduga membakar tumpukan serbuk kayu. Dalam sekejap, kebakaran hebat terjadi. 

Jumanto, seorang saksi mata, menyebutkan, bila awalnya asal mengepul dari sisi tengah. Dalam sekejap merembet ke bangunan di sisi kanan dan kirinya. 

“Api begitu cepat merampat ke bagian lain. Mungkin karena kayu hingga muda terbakar,” ujarnya.

Selanjutnya, mobil pemadam dari Dinas PMK Gresik dating. Terlihat beberapa petugas melakukan upaya pemadaman. 

Sejumlah armada dan petugas pemadam kebakaran sudah tiba di lokasi untuk melakukan pemadaman. Kepala Dinas Damkarla Pemkab Gresik Agustin Halomoan Sinaga mengatakan,  api dengan cepat membesar karena material yang ada di dalam gudang. Yakni tumpukan kayu dan serbuk.

“Ada tumpukan tinner juga di gudang sisi selatan. Suara ledakan berulang kali itu akibat ledakan tabung tinner,” tukasanya, Minggu (8/5/2022). 

Dijelaskan, bangunan di sisi tengah sudah miring. Jika kebakaran tidak segera dipadamkan, bangunan tersebut berpotensi ambruk. Lebih – lebih akan menjalan ke bangunan lain di sekitarnya. 

“Sekitar jam 09.21, si jago merah masih mengamuk dan petugas pemadam kebakaran masih berjibaku,” paparnya. 

Semenatara itu, Kapolres Gresik, AKBP Muhammad Nur Aziz menyatakan, pihaknya masih melakukan penyelidikan. Tujuannya untuk mengungkap penyebab kebakaran yang terjadi.

 

 

Editor : Ashadi Ikhsan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut