get app
inews
Aa Read Next : Bank SumselBabel Pimpin Klasemen Sementara, Usai Taklukkan Jakarta Garuda

Ratusan Warga Bawean Balik ke Tanah Rantau

Minggu, 08 Mei 2022 | 16:54 WIB
header img
Petugas Pelabuhan Gresik menaikkan motor dari warga Bawean yang ba;lik ke manteau, Minggu (8/5/2022).

GRESIK, iNews.id - Ratusan warga Bawean, Gresik memadati pelabuhan di Kecamatan Sangkapura, Minggu (8/5/2022). Mereka menaiki kapal ke Pelabuhan Gresik untuk kembali ke tanah rantau.

Pantauan lapangan, arus balik terjadi sejak Jumat (6/5/2022) dan puncaknya hari ini, Minggu (8/5/2022). Ada empat armada kapal yang melayani warga kepulauan untuk balik ke daratan. 

Diantaranya; satu dari pihak Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) Kapal Motor Penumpang (KMP) Gili Iyang, dan dua armada kapal cepat Express Bahari 8E dan 6F. 

Kepala Bidang (Kabid) Angkutan Dinas Perhubungan Pemkab Gresik Hufan Nur Dhianto mengatakan, puncak arusbalik terjadi Jumat lalu hingga hari ini Minggu (8/5/2022). 

“Penumpang tujuan Gresik mengalami peningkatan. Sebaliknya dari Gresik ke Bawean mengalami penurunan dan terlihat lenggang,” ucapnya.

Dikatakan, peningkatan itu sejak H+2 Hari Raya Idul Fitri 1443 H. Dengan rincian penumpang dua kapal Express Bahari tanggal 4 Mei 330 orang. Kemudian tanggal 5 Mei 215 orang. Tanggal 6 mei 493 orang, dan Gili Iyang tanggal 6 Mei 257 penumpang. 

“Sudah 1.295 pemudik warga Bawean yang sudah menyebrang ke Pelabuhan Gresik,” ujarnya. 

Salah satu penumpang, Muzayyanah mengatakan, dirinya lebuh dulu kembali ke daratan Gresik. Meskipun masih dalam status liburan kerja. Jika tidak lebih dulu berlayar, tidak akan kebagian tiket karena setiap hari penumpang kapal full. 

“Tadi ikut kapal Gili Iyang, dan dapat tiket. Alhamdulillah liburan seminggu di Bawean. Ini sudah persiapan kerja lagi,” ucapnya.

 

Editor : Ashadi Ikhsan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut