get app
inews
Aa Read Next : PLN Mobile Proliga 2024, Tim Putri Jakarta BIN Tumbangkan Jakarta Pertamina Enduro

Kampus Semen Kembangkan Laboratorium Virtual

Minggu, 15 Mei 2022 | 13:47 WIB
header img
Rektor UISI Gresik, Prof Dr Ing Herman Sasongko Sedang memaparkan program lewat laboratories virtual.

GRESIK, iNews.id – Inovasi terus dilakukan Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) Gresik. Kampus yang dikembangkan PT Semen Indonesia itu membuat laboratorium virtual

Fasilitas itu digunakan untuk simulasi dan memberikan gambaran nyata tentang engineering process dan engineering mechanism dari aktivitas manufacturing di industry. Diantaranya, kinetika reaksi proses hingga calculation of production.

Laboratorium virtual juga dilengkapi dengan layar besar di bagian muka. Berhadapan dengan beberapa unit komputer yang bisa dioperasikan oleh para mahasiswa.

Selain dapat digunakan langsung di kampus, laboratorium virtual juga dapat diakses melalui website maupun aplikasi oleh mahasiswa secara online. 

Rektor UISI Gresik, Prof Dr Ing Herman Sasongko menjelaskan, pengembangangan laboratorium virtual tersebut untuk mengakomodir kebutuhan mahasiswa dalam menyikapi keterbatsan aktivias teknis di laboratorium. Juga minimnya kunjungan di lapangan industri.

“Fasilitas ini juga disebut laboratorium simulator karena berfungsi untuk simulasi bagi mahasiswa, sebelum nanti mereka bekerja terjun langsung ke lapangan,” ujranya,. Minggu (15/5/2022).

Dijelaskan, melalui konsep integrasi software dan hardware diharapkan laboratorium virtual ini dapat memudahkan proses penyampaian materi diskusi dalam forum agar bisa secara komprehensif diterima oleh mahasiswa.

Herman Sasongko menambahkan, melalui pengembangan laboratorium virtual ini, UISI dapat terus berkontribusi dan memberikan manfaat bagi bangsa, baik dalam pendidikan, riset, dan pengabdian masyarakat. 

“Apalagi, selama pandemi, kegiatan perkuliahan dilakukan secara daring, namun UISI terus berproses dalam pengembangan pendidikan,” paparnya. 

 

Editor : Ashadi Ikhsan

Follow Berita iNews Gresik di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut