get app
inews
Aa Read Next : Kampanyekan Pengurangan Sampah Saset, Warga Kampung Siba Klasik Gresik Ajak Gunakan Sabun Refil

Hajar Myanmar, Indonesia Lolos Semifinal SEA Games

Minggu, 15 Mei 2022 | 19:16 WIB
header img
Withan Sulaiman Usai mencetak gol, Timnas Indonesia U-23 lolos semifinal SEA Games 2021 Vietnam.

PHU THO, iNews.id – Timnas Indonesia U-23 berhasil menghajar Myanmar 3-1 pada lagi terakhir penyisihan Grup A, Minggu (15/5/2022). Tim Merah Putih pun lolos ke semifinal sepak bola SEA Games 2021 di Vietnam.

Dengan koleksi 9 poin hasil tiga kali menang dan sekali kalah, sementara Tim Indonesia U-23 memimpin klasemen. Hanya saja, Garuda Muda ke semifinal berstatus runner up. Bila, Vietnam yang saat ini memiliki 7 poin, menang melawan Timor Leste yang digelar 19.00 WIB. 

Indonesia mengambil inisiatif menyerang lebih dulu. Sektor kiri pertahanan Myanmar menjadi favorit untuk dieksploitasi Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan.

Egy Maulana Vikri mendapat peluang perdana pada menit keempat. Namun sayang, tendangan kerasnya di dalam kotak penalti lawan masih melambung jauh dari mistar gawang. Dua menit berselang, kebuntuan pun akhirnya terpecahkan lewat kombinasi Egy dan Irfan Jauhari. Egy membuka skor 1-0 usai memanfaatkan kemelut di depan gawang Myanmar.

Tak butuh waktu lama, skor langsung berubah 2-0, tepatnya menit ke-10. Kali ini Witan Sulaeman yang menjadi aktor dalam menggandakan keunggulan, diawali umpan cantik dari Ricky Kambuaya. Tendangannya meluncur mulus ke pojok kiri gawang milik Pyae Phyo. Keunggulan dua gol ini membuat permainan anak asuh Shin Tae-yong itu main lebih lepas. Gempuran yang diberikans secara masif membuat barisan pertahanan Myanmar kerap kali kalang kabut.

Myanmar sempat merobek gawang Ernando Ari menit ke-26. Beruntung, gol tersebut dianggap offside. Myanmar terus mencoba membongkar barisan pertahanan Garuda Muda. Gempuran terus diberikan untuk memperkecil kedudukan jelang babak pertama bubaran. Namun, upaya tersebut selalu dipatahkan Ernando Ari tampil gemilang di bawah mistar.

Bukannya mencetak gol, Myanmar malah kecolongan jelang turun minum. Adalah Marselino Ferdinan yang membuat Garuda Muda memimpin dengan skor 3-0 di jeda babak.
Usai tertinggal 0-3 di babak pertama, Myanmar langsung tancap gas untuk tampil menyerang di babak kedua. Kali ini mereka cukup mendominasi permainan. Sedangkan Indonesia terlihat sedikit kehilangan fokus. 

Sejumlah kesalahan kerap kali terlihat, seperti salah passing. Myanmar yang melihat celah langsung memberikan high pressing. Gempuran secara masif pun terus diberikan. Beruntung, Ernando Ari masih tampil gemilang untuk menjaga gawangnya bersih dari upaya yang dilakukan Myanmar hingga menit ke-60.

Setelah bertahan cukup lama, akhirnya gawang Ernando Ari bobol juga. Myanmar mampu memperkecil kedudukan menjadi 1-3 berkat aksi Win Naing Tun di sektor kanan. Alfeandra Dewangga yang terjatuh membuat sang lawan leluasa melesatkan tembakan keras yang akurat. Setelah kebobolan, Shin Tae-yong merotasi sejumlah pemainnya. 

Hal ini dilakukan guna memberikan penyegaran di atas lapangan, agar fokus Skuad Garuda kembali terbentuk. Namun intensitas serangan Garuda Muda masih mengendur hingga menit ke-80. Tidak ada serangan yang begitu mengancam untuk menciptakan gol keempat. Meski begitu, Indonesia mampu mempertahankan kemenangan dan lolos ke babak semifinal.

Timnas Indonesia U-23 (4-3-3): Ernando Ari (GK); Asnawi Mangkualam, Fachruddin Aryanto, Rizky Ridho, Alfeandra Dewangga; Marselino Ferdinan, Marc Klok, Ricky Kambuaya; Egy Maulana Vikri, Irfan Jauhari, Witan Sulaeman 

Myanmar U-23 (4-3-3): Pyae Phyo; Ye Lin Htet, Thet Hein Soie, Soe Moe Kyaw, Hein Zeyar; Myat Kaung, Zaw Win, Win Naing; Lwin Moe Aung, Htet Phyoe,  Aung Wunna Soe 
 

 

Editor : Ashadi Ikhsan

Follow Berita iNews Gresik di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut