get app
inews
Aa Read Next : Sinergi PG dan Pengecer Pupuk Indonesia, Pastikan Distribusi Pupuk Merata dan Harga Terjangkau

Karang Taruna Panceng Inisiasi Kampung Zero Waste

Selasa, 17 Mei 2022 | 16:48 WIB
header img
Para pengunjung WISID mendapat bibit pohon produktif setelah menukarkan sampah yang dipungut dari Pantai Delegan, Selasa (17/5/2022).

GRESIK, iNews.id - Para pemuda di Kecamatan Panceng yang tergabung Karang Taruna (Kartar) cukup inovatif. Mengurangi sampah pantai, mereka menyediakan bibit tanaman produktif bagi warga yang mau memungut sampah di Pantai Delegan.

Panitia menyediakan sedikitnya 200 bibit tanaman produktif. Jumlah itu tidak menutup kemungkinan bertambah. Sebab, program tersebut menarik simpati para pengunjung Wisata Indah Delegan (WISID). 

Kegiatan itu, hasil bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan beberapa perusahaan di Gresik. Kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat membuang sampah pada tempatnya.

“Alhamdulillah, antusias warga sangat luar biasa. Baik warga lokal Dalegan, Panceng, maupun bagi pengunjung wisata yang dari luar daerah,” ujar Wawan selaku Ketua Karanmg Taruna Panceng, Selasa (17/5/2022).

Menurutnya, para pengunjung dapat bergerak memunguti sampah dan menukarkannya ke stand aksi yang didirikan Kartar Panceng. Sedangkan, bibit tanaman yang dibagikan ke warga merupakan upaya untuk melakukan penghijauan dengan menanam pohon di sekitar pantai. 

“Dengan begitu, karang taruna bisa berkontribusi mengatasi sampah dan melakukan kegiatan yang mendukung program perubahan iklim,” jelasnya. 

Rencananya, kegiatan ini akan berkelanjutan dengan menggandeng desa di Kecamatan Panceng untuk dijadikan percontohan sebagai kampung zero waste.

 

Editor : Ashadi Ikhsan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut