get app
inews
Aa Read Next : SIG Berperan Aktif Melestarikan Lapisan Ozon Melalui Fasilitas Pemusnah BPO

Dewan Sorot Kecelakaan di Pertigaan Bungah

Kamis, 26 Mei 2022 | 12:54 WIB
header img
Imbas laka pertigaan Bungah, Gresik, Jawa Timur, Rabu (18/5/2022), kemacetan mengular hingga Sidayu sisi Utara dan sisi Selatan di Kecamatan Manyar.

GRESIK, iNews.id – Komisi III DPRD Gresik menyorot tingginya angka kecelakaan lalu lintas di wilayah Gresik. Selain kelalaian, minimnya rambu lalu lintas menjadi penyebabnya. 

Hal itu terungkap dalam dengar pendapat Komisi III dengan Dinas Perhubungan Gresik, kemarin. Dalam kesempatan itiu, terungkap bila kalangan Legislatif mencatat sepekan terakhir Mei ini ada 19 kasus kecelakaan. Dengan empat korban meninggal dunia. 

Ketua Komisi III DPRD Gresik Sulisno Irbansyah mengatakan, rapat dengar pendapat ini dalam rangka mengevaluasi sarana dan prasarana lalu lintas di Gresik. Diantaranya, untuk mengantisipasi kemacetan dan kecelakaan.

”Salah satu yang menjadi perhatian serius kami yakni, peristiwa kecelakaan maut di Kecamatan Bungah pada Rabu (18/5/2022) lalu. Di Lokasi yang rawan kecelakaan sangat mimin rambu lalu lintas,” katanya.

Pihaknya juga mempertanyakan upaya pencegahan yang dilakukan oleh petugas lalu lintas. Sebab, kecelakaan di Bungah itu kerap terjadi di lokasi lain. Dan, itu berulangkali terjadi kecelakaan. 

“Lalu, bagaimana uji kelayakan terhadap kendaraan muatan? Karena beban muatan kendaraan yang berlebihan juga berdampak pada kualitas jalan raya. Kami meminta ada operasi kendaraan secara berkala,” tukasnya Sulis lagi.

Menyikapi hal itu, Kepala Bidang Angkutan Dinas Perhubungan Gresik, Roni Soebiyantoro tidak menampik tentang kegiatan operasi tidak berjalan masif. Sebab, selama pandemi Covid-19, efisiensi anggaran yang dilakukan menyisakan Rp 600 juta untuk pelaksanaan operasi dan patroli lalu lintas dalam setahun.

“Kami  akan berkoordinasi bersama Satlantas Polres Gresik untuk kembali menggalakkan razia secara berkala,” ujarnya.

Editor : Ashadi Ikhsan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut