get app
inews
Aa Read Next : SIG Berperan Aktif Melestarikan Lapisan Ozon Melalui Fasilitas Pemusnah BPO

Pelajar SMAMSA Temukan Energi Listrik Berbasis Kulit Kelapa

Jum'at, 03 Juni 2022 | 11:26 WIB
header img
Dua pelajar SMA Muhammadiyah 1 Gresik, Haidar Muzafan dan Iqbal Dzakwan mengolah limbah kulit kelapa muda menjadi energi listrik.

GRESIK, iNews.id – Prestasi apik ditorehkan dua pelajar SMA Muhammadiyah 1 Gresik. Keduanya menemukan sumber energi listrik terbarukan dari bahan limbah kulit kelapa

Dua pelajar itu, Haidar Muzafan dan Iqbal Dzakwan, siswa kelas X di sekolah yang berlokasi di Jalan Wahidinsudirohusodo Randuagung, Gresik.  

Haidar Muzafan menyebutkan, bila temuan itu berawal dari riset yang dilakukan di sekolah. Sebab, sekolah memfasilitasi para siswa yang menyukai penelitihan yang dikemas dalam extrakurikuler. 

“Limbah kulit degan ternyata memiliki kandungan komposisi elektrolit sebagai Sumber Energi Listrik Terbarukan,” katanya, Jumat (3/6/2022).

Awalnya, lanjut Haidar, dirinya bersama temannya diresahkan dengan banyaknya kulit degang kelapa muda yang berserakan. Apalagi saat Bulan Ramadhan di sepanjang perjalanan pulang sekolah ke rumah banyak ditemui kulit kepala yang sudah menjadi limbah.

Akhirnya, masih kata Haidar, dirinya berfikir positif, tidak ada yang tidak bermanfaat. Kulit kelapa jika dimanfaatkan dengan baik, akan mengurangi pembuangan limbah. 

“Bagian kulit degan ternyata kaya akan Kalium dan juga mengandung Klorida,” ungkap dia.

Dijelaskan, dalam kandungan Kalium di kulit kelapa jika beraksi dengan Klorida akan terbentuk KCI. Yakni elektrolit kuat yang dapat mengantarkan energi listrik. Hanya saja, 

terlebih dahulu mengubah dan menambah keasaman kulit degan dengan melakukan metode vermentasi.

Riset yang dilakukan Haidar dan Iqbal tidak sia-sia. Karena senyawa kulit degan hasil risetnya mampu menyalakan sebuah lampu selama beberapa jam.

Sementara itu, Kepala SMA Muhammadiyah 1 Gresik Ainul Muttaqin mengapresiasi inovasi peserta didik dan guru pembimbing di sekolahnya. Prestasi ini membuktikan pengembangan budaya riset di sekolahnya telah berjalan sesuai yang diharapkan. 

“Saya bangga atas raihan prestasi kategori penelitian pada bidang sains dan social sejarah ini,” katanya.

 

Editor : Ashadi Ikhsan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut