get app
inews
Aa Read Next : Inilah 2 Pemain Indonesia Paling ditakuti di Piala AFF 2022

Bintang Kemenangan Melawan Kuwait, Rachmat Irianto Tepis Keraguan Shin Tae-yong

Kamis, 09 Juni 2022 | 08:51 WIB
header img
Pemain-pemain Timnas Indonesia saat merayakan gol Rachmat Irianto ke gawang Kuwait

Rachmat Irianto tepis keraguan Shin Tae-yong.Gelandang bertahan Timnas Indonesia, tampil memukai dan menjadi bintang kemenangan 2-1 atas Kuwait di matchday pertama Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023. Putera pemain nasional Bejo Sugiantoro mampu membayar performa buruk yang ia tunjukkan saat membela Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021.

Rachmat Irianto bermain di bawah standar saat membela Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021. Setelah menjadi starter di laga pembuka Grup A kontra Vietnam (saat itu Indonesia kalah 0-3), eks pemain Persebaya Surabaya ini baru kembali tampil sebagai starter saat skuad Garuda menghadapi Thailand di semifinal.

Mentas sebagai fullback kanan, Rachmat Irianto gagal tampil impresif. Bahkan di masa perpanjangan waktu, Rachmat Irianto diusir wasit karena ketahuan memiting salah satu pemain Thailand.

Tak hanya Rachmat Irianto yang diberi kartu merah oleh wasit. Dua pemain Timnas Indonesia lainnya, Ricky Kambuaya dan Firza Andika juga diusir sang pengadil,

Kelar pertandingan Indonesia vs Thailand, Shin Tae-yong mencak-mencak. Ia menyebut tiga pemain Timnas Indonesia tak memiliki rasa tanggung jawab.

"Jujur hari ini saya sangat kecewa pada pemain. Saya masih bisa mengerti jika dapat kartu kuning atau akumulasi kartu. Tetapi, ini tidak fair play karena mendapat kartu merah," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers usai laga.

BACA JUGA:Klasemen Sementara Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 hingga Matchday Pertama: Yordania Duduki Peringkat Pertama, Timnas Indonesia di Posisi Ke-2
"Saya melihat pemain-pemain tersebut tidak punya tanggung jawab sebagai pemain dan sangat disayangkan apalagi banyak yang dapat kartu merah," ujar Shin Tae-yong penuh emosi.

Beruntung bagi Rachmat Irianto, tenaganya masih diandalkan Shin Tae-yong untuk Kualifikasi Piala Asia 2023. Semalam, Rachmat Irianto mentas sebagai starter di posisi gelandang dalam pola 5-3-2 racikan Shin Tae-yong.

Timnas Indonesia kebobolan lebih dulu via sundulan Youssef Alsulaiman pada menit 41. Namun, skuad Garuda tak parah arang. Di masa injury time babak pertama, Timnas Indonesia menyamakan kedudukan lewat eksekusi penalti Marc Klok. Tendangan 12 pas didapat setelah Rachmat Irianto dijatuhkan kiper Kuwait, Hussain Kankone.

Kemudian di awal babak kedua atau tepatnya di meniit 46, Rachmat Irianto mencetak gol kedua Timnas Indonesia. Memanfaatkan bola rebound hasil sepakan Witan Sulaeman, tembakan Rachmat Irianto meluncur mulus ke gawang Kuwait. Timnas Indonesia berbalik unggul 2-1 dan skor tersebut bertahan hingga akhir.

Selanjutnya, Timnas Indonesia bakal menjajal Yordania di matchday kedua Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 pada Minggu,12 Juni 2022 pukul 02.15 WIB. Sama seperti Timnas Indonesia, Yordania juga menang di laga pertama setelah menumbangkan Nepal 2-0.

Editor : Agus Ismanto

Follow Berita iNews Gresik di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut