get app
inews
Aa Read Next : Warga Thailand Ucapkan Syahadat di Depan Bupati Gresik

Gus Yani Wadul KKP Minta SPBU Nelayan di Gresik

Jum'at, 10 Juni 2022 | 12:50 WIB
header img
Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani diterima Dirjen Pelikanen Tangkap Muhammad Zaini saat kunjungan ke Kementrian KKP di Jakarta.

GRESIK, iNews.id - Bupati Fandi Akhmad Yani wadul ke Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI di Jakarta. Orang nomor satu Gresik itu mengusulkan pembangunan Stasiun Pengisian Bahan Bakar untuk Nelayan (SPBUN).

Bupati yang kerap dipanggil Gus Yani itu diterima Direktur Jenderal (Dirjen) Perikanan Tangkap Muhammad Zaini. Dalam kesempatan itu, Gus Yani menjelaskan, SPBUN penting  agar nelayan mudah mendapatkan solar untuk mencari ikan di laut.

“Gresik membutuhkan sentuhan pembangunan infrastruktur berupa Pertamina dan Pertashop dengan BBM khususnya solar bagi nelayan,” ujranya, Jumat (10/6/2022).

Rencananya, pembangunan SPBUN dibagi di 4 titik yaitu Desa Ujungpangkah, Sembayat, Randuboto dan Kelurahan Lumpur. Bahkan, keempat lokasi tersebut lahannya sudah disiapkan pemerintah desa setempat. 

“Rencana kedepan akan melibatkan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Gresik Migas untuk menjadi pengelola SPBUN tersebut. Sehingga diharapkan agar dapat dikelola dengan baik dan memudahkan dalam pengawasan,” jelas Gus Yani.

Menyikapi itu, Dirjen Perikanan Tangkap Muhammad Zaini menjelaskan, SPBUN solar menjadi hal yang sangat dibutuhkan bagi para nelayan. Untuk itu, pihaknya mendukung atas apa yang menjadi usulan Bupati Gresik.

“Kami mendukung atas apa yang menjadi usulan Bupati Gresik. Mudah-mudahan audiensi ini membuahkan hasil seperti apa yang diharapkan,” tukasnya. 

Termasuk, lanjut Muhammad Zaini, konsep pengelolaan dengan melibatkan BUMD. Bila bisa terealisasi, maka Kabupaten Gresik akan menjadi percontohan bagi kabupaten lain di Indonesia.

Editor : Ashadi Ikhsan

Follow Berita iNews Gresik di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut