Logo Network
Network

Sediakan 5000 Paket Sembako Murah, SIG Dukung Pasar Rakyat

Agus Ismanto
.
Jum'at, 22 Juli 2022 | 19:00 WIB
Sediakan 5000 Paket Sembako Murah, SIG Dukung Pasar Rakyat
Staf Khusus III Menteri BUMN, Arya M. Sinulingga (tengah), SVP of Supporting SIG, Muchamad Supriyadi (kanan) mengunjungi stan UMKM pada acara Pasar Murah dan Bazar UMKM BUMN di Alun-Alun Rembang, Jawa Tengah.

Jakarta, iNews.id - Warga Rembang, Jawa Tengah, antusias berbelanja paket sembako murah yang digagas Kemengerian BUMN bekerjama dengan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG)  di Alun-Alun Kabupaten Rembang, Jawa Tengah pada Kamis, (21/7/2022). 

Kegiatan bertajuk “Pasar Murah dan Bazar UMKM BUMN” , PT SIG menyediakan sebanyak 5 ribu paket sembako murah, yang terdiri dari 5 kg beras, 1 liter minyak, dan 1 kg gula yang dapat dibeli oleh masyarakat seharga Rp65.000. Harga ini, jauh lebih murah dibandingkan harga normal di pasaran. 

Salah satu warga Rembang, Jasemi, mengatakan, kehadiran pasar murah ini sangat membantu, terutama di saat beberapa kebutuhan pokok yang naik. 

”Terima kasih kepada BUMN dan SIG. Semoga kegiatan seperti ini selalu di adakan untuk membantu warga yang membutuhkan”, ungkap Jasemi.

Hal senada disampaikan Eny Yuliastuti,salah satu pelaku UMKM Pasecco binaan Rumah BUMN SIG> Dia merasa terbantu dengan kehadiran pasar murah dan Bazar UMKM. 

“Alhamdulillah. Omset penjualan produk kami meningkat. Semoga, kegiatan seperti ini  sering dilakukan untuk meningkatkan penjualan UMKM ”, ujar Eny, pelaku UMKM pedagang minuman dawet siwalan dan es teh yang dicampur dengan daun pegagan.

Hadir dalam kegiatan tersebut Staf Khusus III Menteri BUMN, Arya M. Sinulingga,  SVP of Supporting SIG, Muchamad Supriyadi, Bupati Rembang, Abdul Hafidz, dan  Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Provinsi Jawa Tengah, Ema Rachmawati.

Corporate Secretary SIG, Vita Mahreyni mengatakan bahwa kegiatan Pasar Murah ini merupakan bentuk kehadiran dan kepedulian SIG sebagai BUMN untuk membantu masyarakat dalam memenuhi  kebutuhan pokok. 

Ia mengatakan, pada pasar murah ini, SIG menyediakan sebanyak 5.000 paket sembako yang terdiri dari 5 kg beras, 1 liter minyak, dan 1 kg gula yang dapat dibeli oleh masyarakat seharga Rp65.000,- jauh lebih murah dibanding harga normal dipasaran. 

“Alhamdulillah, 5000 paket sembako yang disediakan SIG pada pasar murah habis terjual,” Kata Vita Mahreyni.

Selain Pasar Murah, SIG juga menghadirkan sebanyak 50 UMKM binaan Rumah BUMN SIG di Kabupaten Rembang. UMKM binaan Rumah BUMN ini, menjual berbagai produk, mulai dari makanan hingga kerajinan khas daerah. 

"Kegiatan ini, diharapkan mampu  meningkatkan geliat perekonomian daerah setempat, serta memberikan kesempatan kepada pelaku UMKM untuk  memperkenalkan dan meningkatkan penjualan produknya”, kata Vita Mahreyni.

Sementara itu, Bupati Rembang, Abdul Hafidz dalam sambutannya menyampaikan, masyarakat Rembang bisa sedikit lega karena bisa belanja dengan paket murah yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN. 

"Kami pemerintah Kabupaten Rembang menyampaikan terima kasih dengan adanya bantuan dari BUMN, mudah-mudahan dapat terus berlanjut”, ujar Abdul Hafidz. 

Lebih lanjut, Abdul Hafidz mengungkapkan, bahwa warga Rembang kebanyakan berprofesi sebagai nelayan, bekerja bidang pertanian dan yang saat ini menggeliat adalah UMKM. 

Dikatakanya, Rembang memiliki sebanyak 99.000 UMKM, hanya terkoordinir dengan baik. Sehingga perlu dukungan dari berbagai pihak termasuk BUMN. 

“Harapannnya para UMKM mendapat dukungan dan dapat dikelola bersama BUMN, memperoleh peralatan yang dibutuhkan dalam skala kecil serta pendampingan untuk meningkatkan kualitas dan daya saing”, ujar Abdul Hafidz.

Editor : Agus Ismanto

Follow Berita iNews Gresik di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.