get app
inews
Aa
Read Next : Pasar Bandeng Kawak, Tradisi Warga Gresik Sambut Idhul Fitri

155 Guru Gresik Lolos Guru Penggerak, Ini Yang Harus Dilakukan

Jum'at, 29 Juli 2022 | 08:36 WIB
header img
Torehan prestasi ini, tidak lepas dari peran serta kepala sekolah dalam membina dan membimbing guru-gurunya.

GRESIK, iNews.id - Sebanyak 155 Guru di Gresik lulus tahap dua Program Guru Penggerak (PGP) angkatan 6. Mereka dinyatakan berhak mengikuti program Guru penggerak selama 6 bulan yang rencananya dilaksanakan pada pertengahan Agustus 2022 mendatang. 

Koordinator pengawas Cabang Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik, Suyatno, mengapresiasi dan menyampaikan selamat kepada pada guru yang  lulus seleksi PGP. "Dengan banyaknya guru penggerak, Saya berharap  pendidikan  di Gresik  semakin lebih  baik." ujarnya, Kamis (28/7/2022).

Mantan Kepala SMAN 1 Gresik, mengungkapkan torehan prestasi itu tidak lepas dari peran serta kepala sekolah dalam membina dan membimbing guru-gurunya.  

"Luar  biasa  ini.  Apreasi setinggi-tingginya kepada kepala sekolah  dan guru guru  yang antusias melakukan perubahan menyongsong  Program Guru Penggerak," ungkapnya. 

Oleh sebab itu, guru  yang juga berstatus sebagai Pelatih Ahli,  berpesan agar para kandidat guru penggerak mencari  informasi  awal tentang  materi PGP untuk dipelajari  dan  dipahami  dengan baik.  

"Silakan belajar kepada  fasilitattor  guru penggerak, pelatih ahli, kepala sekolah dan guru  guru  di Sekolah Penggerak.  Laksanakan dengan riang  gembira dan ihlas   Amanah ini, niatkan untuk berbagi  demi  peningkatan kualitas  pendidikan  yang  lebih baik di Kabupaten Gresik," pesannya. 

Sementara itu,  guru SMAN Balongpanggang, Wahyudi (44) mengaku sangat bersyukur karena mendapatkan kesempatan  terus belajar dan mengembangkan diri  lewat program PGP yang dinyatakan lulus seleksi. 

"Selanjutnya saya akan melakukan koordinasi dengan kepala sekolah dan pengawas untuk pelaksanaan pembekalan. Saya juga akan mengatur ulang agar tugas di sekolah  berjalan beriringan dengan kegiatan pembekalan. Kecuali itu, saya juga mencari referensi persiapan-persiapan yang dibutuhkan untuk memperlancar pelaksanaan pembekalan dan pelaksanaan PGP," paparnya.

Hal senada disampaikan guru SMA Muhammadiyah 8 Cerme Gresik Yuyun Minarti (49). Perempuan paruhbaya ini sangat bersyukur dan tetap low profile. "Positive thinking agar mendapatkan hasil terbaik dan terus menebar energi positif," terangnya. 

Sebelum menjalani pendidikan, para guru yang lulus seleksi, wajib melakukan konfirmasi keikutsertaan secara daring lewat SIMPKB. Setelah itu mengisi, menandatangani dan menunggah dokumen pakta integritas di atas meterai 10.000. Dokumen tersebut yang asli dibawa dan diserahkan kepada panitia pada saat lokakarya pertama. 

Guru Penggerak merupakan episode ke-5 Merdeka Belajar yang diluncurkan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Ristek dan Dikti pada tanggal 3 Juli 2020 yang lalu. 

Guru penggerak diharapkan dapat menjadi daya dorong transformasi pendidikan nasional dan mendukung tumbuh kembang murid secara holistik sehingga menjadi Pelajar Pancasila. 

Kecuali itu, guru penggerak juga diharapkan dapat menjadi coach atau mentor bagi guru lainnya untuk pembelajaran yang berpusat pada murid, serta menjadi teladan dan agen transformasi bagi ekosistem pendidikan.

Editor : Agus Ismanto

Follow Berita iNews Gresik di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut