Tingkatkan Pasokan Air Bersih, Perumda Giri Tirta Gresik Operasikan SPAM BGS

Agus Ismanto
.
Kamis, 18 Agustus 2022 | 13:50 WIB
Sejak sepekan terakhir,sistem Penyedia Air Minum (SPAM) Bendung Gerak Sembayat (BGS) telah dioperasikan dengan kapasitas daya tampung sebesar 6 ribu liter perdetik.

GRESIK, iNews.id - Perumda Giri Tirta Gresik, melakukan uji coba pengoperasian sistem Penyedia Air Minum (SPAM) Bendung Gerak Sembayat (BGS)  berlokasi di desa Sidomukti, kecamatan Bungah, kabupaten Gresik. 

Sejak sepekan terakhir, sistem Penyedia Air Minum (SPAM) Bendung  Gerak Sembayat (BGS) telah dioperasikan dengan kapasitas daya  tampung sebesar 6 ribu liter perdetik. 

Direktur Utama (Dirut) Perumda Giri Tirta Gresik, Kurnia Suryandi,  mengungkapkan, pengoperasian SPAM BGS Sembayat untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga dan sejumlah industri di wilayah Gresik utara. 

"Pengoperasian ini, sebagai jawaban atas keluhan para pelanggan, termasuk dunia industri yang bertahun tahun kesulitan mendapatkan pasokan air bersih," ujar Yandi, sapaan akrab Dirut Perumda Giri Tirta Gresik, Kamis (18/8/2022). 

Pada tahap uji coba ini, lanjutnya, SPAM BGS juga memasok kebutuhan warga di wilayah kota Gresik, diantaranya kawasan Gresik Kota Baru (GKB), Gresik Kota Asri (GKA) dan wilayah Kelurahan Telogopojok.

"Uji coba dilakukan untuk mendapatkan formulasi yang tepat agar air lancar tanpa hambatan dan kwalitas air tetap terjaga,"paparnya. 

Menurutnya, Uji coba ini menjangkau sejumlah industri di wilayah utara, diantaranya Mie Sedap, Maspion, Car Gill, Smelting dengan kapasitas sebesar 15 liter per detik. "Sesuai rencana PT Smelting akan mendapatkan pasokan sebesar 30 liter per detik," terangnya.

Lebih jauh Yandik, menjelaskan, pada tahap uji coba, pihaknya baru mengoperasikan satu dari total sebanyak 5 unit pompa baru yang disediakan. "Kalau jaringan sudah siap 100 persen, maka lima unit pompa baru akan dioperasikan secara maksimal," terangnya. 
  
Dengan dimulainya SPAM-BGS, menurut Dirut asli Gresik ini, pihaknya kini berkonsentrasi memprogres jaringan di Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE), termasuk kebutuhan air masyarakat wilayah utara. 

Suyandi menambahkan, Direksi Perumda Giri Tirtas Gresik, terus berkonsentrasi memenuhi ketersediaan dan perbaikan layanan kepada pelanggan bersih, sesuai target yang dicanangkan Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani.

"Kami mengerahkan segenap kemampuan untuk merealisasikan arahan Pak  Bupati. Insya Allah lancar dan progresnya terus mengalami peningkatan," terangnya. 

Setelah semua persiapan matang, maka pengoperasian SPAM BGS Sembayat, akan dilakukan bupati Gresik Fandi AKhmad Yani. "Insyalaah dalam waktu dekat, Pak Bupati akan meresmikan dimulainya air dari BGS," ungkapnya.

Nahkoda Perumda Giri Tirta Gresik yang menjabat kurang dari 6 bulan mengungkapkan, dirinya dan dua direksi lainnya lebih fokus dan berkonsentrasi membenahi sumberdaya manusia (SDM) di dalam manajemen dan menjaga kelancaran distribusi air. 

"Jangan sampai, kita selalu ribut mengurusi proyek. Karena itu, proyek kita serahkan ke dinas PU. Kami hanya menerima 'barang jadi' sesuai dengan kebutuhan," ungkap pria asli Gresik ini. 

Karena itu, jajaran direksi getol memperbaiki SDM di dalam manajemen. Menghadirkan pakar manajemen untuk melatih kedisiplinan dan merubah mindset manajemen untuk meningkatkan kualitas kerja yang lebih maksimal.

"Memang perlu banyak pembenahan, terutama peningkatan pelayanan pelanggan. Jika perusahaan ini sehat, maka semua akan kembali ke karyawan," urainya. 

Editor : Agus Ismanto
Bagikan Artikel Ini