get app
inews
Aa
Read Next : Ini Daftar Peraih Adhi Makayasa Tahun 2022

Presiden Jokowi Luncurkan Food Estate di Gresik

Senin, 22 Agustus 2022 | 22:31 WIB
header img
Presiden Joko Widodo didampingi menteri pertanian Sahrul YaZin Limpo meninjau alat meninjau alat dan mesin pertanian yang bisa diperioleh melali fasilitan bantuan KUR

GRESIK, iNews.id - Presiden Joko Widodo meluncurkan Food Estate (Lumbung Pangan) berbasis mangga dan taksi alsintan di di desa Sukodono, Kecamatan Panceng, kabupaten Gresik, Jawa Timur, Senin (22/8/2022). 

Lumbung pangan ini menempati lahan seluas seribu hekter tersebar di 4 wilayah kecamatan yakni kecamatan Panceng, Dukun, Sidayu dan Ujungpangkah.

Presiden didampingi ibu negara Iriana Joko Widodo,menteri pertanian Sahrul Yazin Limpo, menyampaikan harapannya agar keberadaan food estate meningkatkan produktifitas pertanian di Gresik. 

"Kita harapkan food estate terintegrasi dengan embung untuk pemenuhan kebutuhan airnya. Masyarakat dapat manfaat dan swasta juga bisa bergerak," ujar Jokowi dalam keterangannya yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Senin (22/8/2022).

Presiden Joko Widodo menambahkan, jika masyarakat petani menanam mangga di lahan seluas 1.000 hektare, maka pada tiga tahun ke depan bisa dieskpor ke berbagai negara. 

"Sebagian untuk keperluan dalam negeri, karena permintaan ekspor mangga cukup besar, diantaranya  ke Timur Tengah, China, Jepang, Eropa. Saya kira banyak permintaan," kata Jokowi. 

Lebih jauh, Joko Widodo menjelaskan, pemerintah terus mengupayakan agar para petani di daerah lain yang memiliki lahan marginal juga menanam dan memproduksi mangga dengan baik. 

"Dan saya senang kelihatan yang sudah tertanam di sini. Manajemennya sudah tertata baik. Kita harapkan nanti ada pendampingan, QC, quality control dari buyernya sehingga level kualitasnya akan naik," paparnya. 

Pada kesempatan ini, presiden Joko Widodo juga meluncurkan program Taksi Alsintan yang bertujuan untuk menghadirkan teknologi pertanian di tengah-tengah petani dan aksekerasi pemulihan ekonomi di sektor pertanian. 

"Saya berharap petani tidak menggunakan pola lama, tetapi menggunakan teknologi yang lebih modern dengan memanfaatkan Taksi Alsintan," harapnya.

Taksi Alsintan, lanjutnya, bisa didapat melalui fasilitasi bantuan kredit usaha rakyat (KUR) dengan pemberian subsidi bunga dari pemerintah. 

“Pemiliknya nanti satu. Entah kayak ini UD Pesanggrahan, ada UD Dwi Putra Raya dan lain-lain. mereka memiliki alsintannya dan disewakan kepada petani-petani,” ujar Presiden. 

Dengan dukungan pendanaan dari perbankan dan subsidi bunga dari pemerintah, Presiden meyakini program Taksi Alsintan ini akan dapat dimanfaatkan oleh para petani.
 

Editor : Agus Ismanto

Follow Berita iNews Gresik di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut