Percepat Tangani Kebakaran, Damkarla Gresik Gandeng 23 Perusahaan

Agus Ismanto
.
Rabu, 21 September 2022 | 00:03 WIB
Kepala Damkarla Gresik Agustis Halomoan Sinaga, mengatakan pembentukan Forum PMK untuk mempercepat penanganan kebakaran dan meminimalisir jatuhnya korban

GRESIK, iNews.id - Dinas Kebakaran dan Penyelamatan (Damlarla) Gresik membentuk Forum PMK dengan menggandeng sebanyak 23 perusahaan yang memiliki armada pemadam kebakaran. 

Kepala Damkarla Gresik Agustis Halomoan Sinaga mengatakan pembentukan forum PMK sebagai upaya mempercepat penanganan kebakaran dan meminimalisir jatuhnya korban. 

“Forum ini sangat penting. Jika terjadi kebakaran, maka setiap perusahaan bisa berkolaborasi saling membantu memadamkan api,” ujar Sinaga saat mempresentasikan pembentukan Forum APK. Selasa (20/9).

Sinaga menambahkan, dengan adanya Forum PMK ini, maka masing masing perusahaan yang memiliki armada damkar bisa terlibat membantu memadamkan api. Sebaliknya, jika terjadi kebakaran di lingkungan perusahaan, maka perusahaan terdekat bisa salng membantu padamkan api.

"Dengan begitu, maka kerugian yang lebih besar akibat kebakaran bisa diminimalisir," terangnya. 

Dikatakanya, Damkarla Gresik hanya memiliki enam unit mobil pemadam kebakaran. Jumlah itu tersebar di tiga posko wilayah. Masing-masing posko tersedia empat mobil pemadam dan empat mobil suplai di posko kota, satu mobil pemadam dan satu mobil suplai di wilayah Dukun dan Driyorejo.

“Selama ini, jika terjadi kebakaran di wilayah pedesaan, butuh waktu cukup lama. Selain keterbatasan armada juga hambatan kemacetan lalu lintas," ungkapnya. 

Lebih jauh, Sinaga menjelaskan, selama bulan Januari hingga 19 September tercatat sebanyak 148 peristiwa kebakaran. Jumlah itu mayoritas terjadi pada pemukiman dan industri.

“Memang kawasan pemukiman dan industri menjadi salah satu yang resiko tinggi. Apalagi Gresik padat penduduk dan banyak industri,” tambahnya 

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, mengatakan Gresik memiliki potensi peningkatan investasi yang luar biasa. Seiring perkembangan itu, maka resiko keadaan darurat seperti kebakaran juga semakin meningkat.

"Forum PMK diharapkan mempercepat penanganan kebakaran dan meminimalisir jatuhnya korban," ujarnya saat membuka pembentunkan Forum PMK.

Menurutnya, peristiwa kebakaran tentu tidak diharapkan terjadi, tetapi kita semua harus antisipasi terhadap hal-hal yang berpotensiterjadinya kebakaran. "Mudah-mudahan dengan terbentuknya Forum PMK, bisa meminimalisir jatuhnya korban," pungkasnya.

Editor : Agus Ismanto
Bagikan Artikel Ini