GRESIK, iNews.id – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG), melanjutkan transformasi menjadi perusahaan penyedia solusi bahan bangunan. Transformasi ini, sejalan dengan semangat Kementerian BUMN menjadikan perusahaan BUMN semakin profesional, transparan, dan akuntabel.
Direktur Utama SIG, Donny Arsal mengatakan, transformasi ditandai dengan perubahan corporate brand dan logo Semen Indonesia menjadi SIG pada 11 Februari 2020. "Transformasi ini sejalan dengan semangat Kementerian BUMN, untuk menjadikan perusahaan-perusahaan BUMN semakin profesional, transparan, dan akuntabel, ujarnya..
Dikatakanya, SIG berkomitmen melanjutkan transformasi mengembangkan inovasi untuk menjawab tantangan dan menjadi pionir industri bahan bangunan yang efektif dan efisien dan mampu meningkatkan standar hidup masyarakat.
"Transformasi pada tahun 2021, SIG berhasil membukukan laba bersih mencapai Rp2,021 triliun dan masuk dalam 10 besar perusahaan BUMN yang menyumbang dividen saham bagi Negara sebesar 51,01% atau Rp 522,34 miliar," ungkap Donny Arsal. .
Donny Arsal menambahkan pada Agustus 2021, SIG telah menjalin kemitraan strategis dengan produsen semen terkemuka asal Jepang Taiheiyo Cement Corporation (TCC). ”Pencapaian ini menjadi bukti nyata, SIG menghadirkan solusi pendukung bagi pelanggan, mitra binis, masyarakat dan negara demi membangun kehidupan yang berkelanjutan bagi generasi mendatang”, jelasnya.
SIG, lanjutnya juga mencatatkan hasil positif dari upaya menjalankan sustainability initiative, terkait upaya dekarbonisasi dengan menurunkan emisi karbon. Pada semester I 2022, SIG berhasil menekan emisi karbon sebesar 592 kg CO2/ton semen atau turun sebesar 2,5% (setara 15 kg CO2/ton semen).
"Ini sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs 2030) yang dicanangkan oleh pemerintah, "terangnya.
Editor : Agus Ismanto