Logo Network
Network

Dampak Pelebaran Jalan Pantura, Kembali Bongkar 35 Lapak di tepi Jalan Raya Manyar

Agus Ismanto
.
Senin, 07 November 2022 | 16:52 WIB
Dampak Pelebaran Jalan Pantura, Kembali Bongkar 35 Lapak di tepi Jalan Raya Manyar
Pemkab Gresik kembali membongkar sebanyak 35 lapak di sepanjang ruas jalur Pantura, Desa Manyar, kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik, Senin (7/11/2022).

GRESIK, iNews.id  - Pemkab Gresik kembali membongkar sebanyak 35 lapak  di sepanjang ruas jalur Pantura, Desa Manyar, kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik, Senin (7/11/2022). Pembongkaran lapak tahap kedua ini, merupakan dampak pelebaran untuk mengurai kemacetan di  ruas jalan utara Gresik. 

Aktivitas pembongkaran berlangsung tanpa perlawanan dengan penjagaan petugas Satpol PP, TNI, Polri dan dinas perhubungan. Hanya butuh waktu 1 jam, dua  unit alat berat berhasil merobohkan sebanyak 35 lapak yang berada di bagian barat tugu Manyar hingga Klinik Kesehatan Mabbartot Hasyimiyah MWC NU. 

Camat Manyar Zainul Arifin mengatakan sebelum melakukan pembongkaran, pihak melakuka sosialisasi dan edukasi. Pemilik lapak, akhirnya  sukarela membersihkan barang-barang dagangannya . 

"Sebagian pedagang memilih berjualan di tempat lain, karena lokasi relokasi masih dalam proses pembangunan," ujar camat Zainul. 

Dikatakanya, para pedagang akan direlokasi di Desa Manyar Sidomukti yang kini sedang dikebut pengerjaanya. Dari total sebanyak 68 stand yang disediakan, sebanyak 26 stand telah siap ditempati. 

"Diharapkan pembangunan segera tuntas, sehingga pedagang dapat kembali beraktifitas berjualan," terangnya.

Para pedagang, lanjutnya, pedagang yang direlokasi mendapat bantuan biaya kerohiman ongkos bongkar sebesar Rp 2 juta. Sedangkan pedagang yang memilih mencari tempat jualan sendiri diberi bantuan Rp 7,5 juta. 

Pembongkaran lapak pedagang ini untuk mendukung pelebaran Jalan Raya Pantura Manyar sepanjang 1,3 kilometer terlebih dahulu. Nanti akan ada empat lajur di jalan raya Pantura Manyar. 

"Pembongkaran ini sebagai salah satu syarat pelebaran jalan raya Pantura Manyar, lahan harus siap," tambahnya. 

Pada tahap 1, sebanyak 22 lapak telah dibongkar. Pada tahap 2 sebanyak 35 lapak. Sementara tahap 3 akan dibongkar dalam waktu dekat. 

Sementara itu, Asisten I Setda Gresik Suyono mengatakan, proses pembongkaran berlangsung lancar serta kondusif. Pembongkaran ini, sebagai upaya mengurai kemacetan yang telah berlagsung selama puluhan tahun. 

"Diharapkan mampu mengurai persoalan kemacetan di sepanjang ruas Pantura, Manyar," terangnya. 
 

Editor : Agus Ismanto

Follow Berita iNews Gresik di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.