Logo Network
Network

Hobi Menulis Antarkan 12 Siswa Raih Penghargaan Bupati Gresik di Hari Guru Nasional 2022

Agus Ismanto
.
Minggu, 27 November 2022 | 16:20 WIB
Hobi Menulis Antarkan 12 Siswa Raih Penghargaan Bupati Gresik di Hari Guru Nasional 2022
Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani menyerahkan penghargaan kepada 12 siswa pemenang lomba menulis yang diselenggarakan dinas pendidikan kabupaten Gresik untuk memperingati hari guru nasional 2022

GRESIK, iNewsGresik.d - Berkat ketekunanya menekuni hobi menulis, Keisha Qonitah El Haniyah Aarafat, Siswa Minu Trate Putri Gresik  dan Karina Syifa Nuur Callysta dari SMP Muhammadiyah 1 Gresik meraih juara 1 lomba menulis surat cinta untuk bupati dan wakil bupati Gresik.

Prosesi penyerahan penghargaan  dilakukan Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani pada malam penutupan Pameran Pendidikan Kabupaten Gresik  yang digelar dinas pendidikan kabupaten Gresik untuk memperingati hari guru nasiona 2022 Sabtu (26/11/2022).

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, menyampaikan apresiasinya atas terlaksananya peringatan hari guru nasonal 2022, di antaranya lomba menulis surat cinta yang ditujukan kepadanya dan Wakil Bupati Gresik, Aminatun Habibah. 

"Dengan adanya lomba menulis, maka akan memotivasi dan mendorong minat baca dan menulis di kalangan pelajar," ujarnya. 

Lomba literasi seperti ini, lanjutnya,  menunjukkan bahwa Kabupaten Gresik turut menyumbangkan IQ nasional di masa yang akan datang. Sebab, IQ nasional Indonesia terendah nomor dua se-Asia tenggara. 

"IQ nasional kita menempati peringkat 30 se-Asia dan peringkat 130 sedunia. Akan tetapi, ketertinggalan itu bisa dikejar melalui literasi dan membiasakan pelajar menulis dan membaca apapun dengan senang hati. Karena hanya dengan literasi, IQ kita bisa tumbuh,"ujar Bupati Gresik yang akrab disapa Gus Yani.

Dikatakan Gus Yani, literasi sangat penting di era digital. Menurutnya, skill menulis dalam industri di masa depan akan dibutuhkan pada profesi dan pekerjaan apapun. Karena itu, pihaknya mendorong anak-anak agar mau menulis meskipun sederhana. Untuk itu, Gus Yani berharap kedepannya lomba literasi dapat dilakukan secara rutin setiap tahun, mulai tahun depan.

"Maka mudah-mudahan mulai 2023 nanti, kita dapat menggalakkan semangat literasi sejak dini. Kita tidak bisa menyiapkan tantangan di masa depan untuk anak-anak kita, tapi setidaknya kita bisa menyiapkan anak-anak kita terhadap tantangan di masa depan. Salah satunya dengan gerakan literasi sejak dini,"ungkapnya.

Gus Yani berpesan kepada para juara lomba menulis surat cinta agar terus semangat dalam latihan menulis dan meningkatkan skillnya sehingga nantinya siap berkompetisi di tingkat nasional untuk mengikuti lomba literasi lain dan bersaing kompetitif dengan seluruh pelajar se-Indonesia. 

"Selamat untuk anak-anakku yang juara. Tetap semangat dan terus berlatih menulis dengan baik. Jangan berpuas diri dulu, jadikan prestasi ini sebagai lecutan untuk meningkatkan skill menulis kalian, agar nantinya kalian mampu bersaing dengan kompetitif dalam lomba menulis tingkat nasional yang pesertanya pelajar seluruh Indonesia,"tuturnya. 

Selain lomba literasi, Gus Yani juga mengapresiasi kinerja Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik atas terselenggaranya berbagai macam lomba, pentas seni, pameran inovasi sekolah, penghargaan kepada para guru berprestasi dan ratusan stand UMKM lokal.

"Pameran ini adalah bentuk sebuah kreativitas dari Dinas Pendidikan. Atas terselenggaranya pameran ini saya harapkan menjadi sebuah motivasi untuk mendalami serta mengembangkan dunia pendidikan di Kabupaten Gresik menjadi lebih baik."katanya.

Pada kesempata itu, Bupati Gresik  Gus Yani membacakan puisi karyanya, sebagai wujud penghormatan atas jasa jasa guru yang menjadi garda terdepan mencerdaskan bangsa.

Usai membacakan puisi, Bupati Gus Yani memberikan apresiai dengan membagikan bunga kepada para guru yang hadir saat  penutupan, di antaranya Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik S. Haryanto, Asisten I Suyono, Ketua MKKS, Ketua KKKS, Ketua Tim Rintisan Pendidikan Syifaul Qulub, dan seluruh guru di lingkungan Kabupaten Gresik. 

Selengkapnya, berikut nama nama pemenang lomba menulis yang diselenggarakan dinas pendidikan Gresik untuk memperingati hari guru nasiona 2022. 

Untuk kategori pelajar SMP yakni Karina Syifa Nuur Callysta dari SMP Muhammadiyah 1 Gresik, Juara 2 Debby Ellzadiya Nurmasyita dari MTs Muhammadiyah 9 Wotan, juara 3 Keyza Azkanya dari UPT SMPN 5 Gresik, harapan 1 Wiwit Ratih Ayu Nimas Putri dari UPT SMPN 4 Gresik, harapan 2 Naufal Fadhlur Rokhman dari MTsN Gresik, harapan 3 Almira Rayyani dari UPT SMPN 1 Gresik.

Sedangkan kategori SD juara 1 diraih Keisha Qonitah El Haniyah Aarafat dari Minu Trate Putri Gresik, juara 2 Risky UPT SDN 387, juara 3 Putri Batrisyah Aureliyah UPT SDN 360, harapan 1 Reyhan Prahardika Ananta UPT SDN 168, harapan 2 Janeeta Malilah SD IT AL IBRAH, harapan 3 Nayra Firza Aulia Muhammadiyah 1 GKB. 
 

Editor : Agus Ismanto

Follow Berita iNews Gresik di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.