Logo Network
Network

Percikan Puntung Rokok Hanguskan Rumah Tukang Tambal Ban

Agus Ismanto
.
Sabtu, 17 Desember 2022 | 17:34 WIB
Percikan Puntung Rokok Hanguskan Rumah Tukang Tambal Ban
Petugas Damkar Gresik Berhasil padamkan api, setelah berjibaku selama hampir 2 jam

GRESIK, iNews.id  – Sebuah toko yang merangkap jasa  tambal ban di Jalan Raya Desa Petiken, Kecamatan Driyorejo, Gresik hangus terbakar, Sabtu (17/12/2022). Tidak ada korban dalam peristiwa kebaran ini, tetapi membuat panik warga sekitar.

Sejumlah saksi mata di lokasi kejadian menyebutkan kobaran api disertai asap hitam tebal tiba tiba menjulang di balik lapak jasa tambal ban milik Pak To dan Ibu Juana tersebut. Hembusan angin dengan cepat membakar material mudah terbakar di dalam lapak yang juga menjual bensein eceran.

“Kami sudah berusaha memadamkan api, tapi gagal karena dengan cepat api menghanguskan seluruh barang di dalam lapak.” Ujar tukang tambal ban Pak To.

Puluhan warga, lanjutnya, berdatangan membantu memadamkan api dengan peralatan sedanya. Namun, upaya warga gagal karena api semakin membesar. 

“Khawatir api tidak terkendali, warga langsung menghubungi Dinas Damkar dan penyelamatan Kabupaten Gresik, terangnya.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Gresik Agustin Halomoan Sinaga menerjunkan dua unit Damkar untuk memadamkan api. Petugas akhirnya berhasil memadamkan api setelah berjibaku selama hampir 2  jam.

“Api berhasil padam, setelah petugas berjibaku selama hampir 2 jam,” ujarnya.

Dikatakanya, belum diketahui penyebab kebakaran. Tetapi diduga kuat akibat berasal dari puntung rokok milik tukang tambal ban yang menyambar bensin eceran daganganya.

“Diduga puntung rokok, pak tukang menyambar bensin daganganya,” papar Sinaga.

Karena itu, Sinaga berpesan agar masyarakat lebih meningkatkan kewaspadaan, agar tidak terulang kejadian serupa. Karena banyak peristiwa kebakaran yang berawal dari faktor atau human eror. “Jangan sampai kita merugi gara gara kelalaian yang sebenarnya bisa dihindari,” pintanya. 
 

Editor : Agus Ismanto

Follow Berita iNews Gresik di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.