Logo Network
Network

Konsisten Mengelolah Lingkungan, SIG Raih 1 Proper Emas dan 7 Proper Hijau

Agus Ismanto
.
Sabtu, 31 Desember 2022 | 00:40 WIB
Konsisten Mengelolah Lingkungan, SIG Raih 1 Proper Emas dan 7 Proper Hijau
Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin (kanan) menyerahkan penghargaan PROPER Emas kepada Direktur Utama SBI, Lilik Unggul Raharjo (kiri) di Istana Wakil Presiden RI, Jakarta.

GRESIK, iNews.id – Delapan unit pabrik milik PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) meraih penghargaan Proper (Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan Dalam Pengelolaan Lingkungan) Tahun 2022 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia.

Seremonial penyerahan penghargaan Proper Emas dilakukan Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin kepada Direktur Utama SBI, Lilik Unggul Raharjo di Istana Wakil Presiden RI, Jakarta, pada Kamis (29/12).

Pabrik SIG yang meraih penghargaan Proper emas yakni Pabrik PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) di Cilacap, Jawa Tengah. Perusahaan ini dinilai konsisten menunjukkan keunggulan lingkungan dalam proses inovasi dan jasa, keunggulan inovasi sosial serta melakukan bisnis yang ber-etika dan bertanggung jawab terhadap masyarakat.

Sedangkan, tujuh pabrik SIG meraih Proper hijau yakni Pabrik Tuban (SIG), Pabrik Indarung (PT Semen Padang), Pabrik Pangkep (PT Semen Tonasa), Pabrik Rembang (PT Semen Gresik), Pabrik SBI yang berada di Narogong dan Tuban, serta Pabrik Lhoknga yang dioperasikan oleh PT Solusi Bangun Andalas.

Penghargaan Proper hijau diberikan karena 7 perusahaan SIG telah melakukan pengelolaan lingkungan lebih dari yang dipersyaratkan dalam peraturan (beyond compliance) melalui pelaksanaan sistem pengelolaan lingkungan dan memanfaatkan sumber daya secara efisien serta melaksanakan tanggung jawab sosial dengan baik.   

Corporate Secretary SIG, Vita Mahreyni mengatakan, prestasi menjadi bukti komitmen dan konsistensi Perusahaan dalam penerapan prinsip green industry sejalan dengan visi dan sustainability strategy yang telah ditetapkan oleh Perusahaan.

“Peghargaan ini melengkapi capaian SIG sepanjang tahun 2022,”ujar Vita Mahreyni dalam keterangan tertulisnya, Kamis (29/12/2022).

Dikatakanya, SIG bangga menjadi satu-satunya perusahaan di industri semen yang meraih penghargaan Proper Emas. Menurutnya, penghargaan menjadi bukti keseriusan Perusahaan dalam menciptakan perlindungan lingkungan dan tanggung jawab sosial yang berkelanjutan.

“Prestasi ini semakin memotivasi SIG terus meningkatkan operasional yang berwawasan lingkungan untuk mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) guna menciptakan kehidupan yang lebih baik untuk generasi saat ini dan yang akan datang,” terangnya.

Lebih jauh Vita mengungkapkan SIG sepenuhnya mendukung terwujudnya tujuan pembangunan berkelanjutan di Indonesia. Komitmen ini diwujudkan dalam empat pilar keberlanjutan SIG yaitu Pilar Pertumbuhan Ekonomi Berkelanjutan, Pilar Iklim dan Energi, Pilar Ekonomi Sirkular serta Pilar Masyarakat dan Komunitas.

"Hal ini dicapai melalui inisiatif efisiensi konsumsi energi, penurunan faktor terak, serta peningkatan penggunaan limbah sebagai bahan bakar alternatif," pungkas Vita.

 

Editor : Agus Ismanto

Follow Berita iNews Gresik di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.