Logo Network
Network

SIG Sukses Uji Coba Beton Cepat Kering di Jalan Karangawen - Godong

Agus Ismanto
.
Rabu, 25 Januari 2023 | 15:54 WIB
SIG Sukses Uji Coba Beton Cepat Kering di Jalan Karangawen - Godong
Rekonstruksi jalan beton di Jalan Raya Karangawen, Semarang-Godong menggunakan teknologi beton cepat kering (SpeedCrete).


GRESIK, iNews.id  – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) melalui unit usahanya PT Pendawa Lestari Perkasa (PLP) berhasil melakukan uji coba rekonstruksi jalan raya menggunakan beton cepat kering. Rekonstruksi ini, menggunakan metode rapid setting dengan kecepatan pengeringan selama 12 jam dan jalan sudah bisa dilalui kendaraan secara normal. 

Corporate Secretary SIG, Vita Mahreyni mengatakan, perbaikan jalan menggunakan SpeedCrete dengan metode rapid setting terbukti berhasil memberikan hasil maksimal. Proses pengerjaan lebih cepat untuk mengurangi potensi dampak kemacetan.

“Selain cepat kering, SpeedCrete juga memiliki ketahanan lebih baik, karena dikerjakan menggunakan sumber daya dan metode yang sangat khusus,” ujar Vita.

Rekonstruksi menggunakan beton cepat kering atau SpeedCrete dilakukan PLP pada 15-16 Desember 2022 lalu di Jalan Raya Karangawen, Semarang-Godong, KM Smg 21+715-21+717, Demak, Jawa Tengah di  lajur arah Semarang dan lajur arah Purwodadi yang masing-masing terdiri dari dua slab per hari dengan total panjang mencapai 11,4 meter dengan lebar 3,4 meter.

Vita Mahreyni mengungkapkan, SpeedCrete menggunakan material semen, batu agregat dan bahan aditif khusus, merupakan karya anak negeri untuk mempercepat waktu ikat beton. Menuruttnya, proses pengerjaannya didukung dengan peralatan mutakhir, seperti laser screed untuk menjamin kerataan dan kemiringan hasil jalan, serta aspek keselamatan kerja dalam proses pengerjaannya. 

Selain itu, kekuatan dan performa tinggi SpeedCrete sangat cocok diaplikasikan pada jalan-jalan dengan tingkat kepadatan lalu lintas yang tinggi.  “Dengan bagitu, mampu meminimalkan kemacetan yang ditimbulakan karena perbaikan jalan,” terangnya.

Lebih jauh, Vita menambahkan, SpeedCrete menawarkan beberapa level kecepatan kering yang dapat disesuaikan dengan tingkat kepadatan lalu lintas jalan di suatu daerah, mulai dari 4 jam, 6 jam, 8 jam, 10 jam dan 12 jam. Ia mencontohkan, pada perbaikan empat koridor jalur Bus TransJakarta di Provinsi DKI Jakarta menggunakan kecepatan kering 8 jam pada 2019. Salah satu dari empat koridor tersebut di antaranya koridor satu, mulai dari Blok M - Kota dan koridor tiga, dari Kalideres ke Harmoni. 

“Selain itu, SpeedCrete sudah diaplikasikan di jalan tol yang ada di Indonesia dalam rentang 2009 sampai dengan sekarang,” jelasnya.

Pada 2019, lanjutnya, PLP bekerja sama dengan Dinas Bina Marga DKI Jakarta melakukan perbaikan jalur Bus TransJakarta menggunakan SpeedCrete dengan kecepatan kering 8 jam. Pengerjaan dilakukan pada tengah malam hingga pagi hari, dimulai pukul 21.00 WIB hingga 06.00 WIB untuk menghindari kemacetan. 

“Terbukti, malam dikerjakan dan keesokan harinya sudah bisa dilalui secara normal. Dengan begitu, efektif mengurangi dampak kemacetan lalu lintas dan gangguan aktivitas masyarakat” jelas Vita Mahreyni. 

Sementara itu, Kepala Seksi Pengawasan Teknis, Dinas PU Bina Marga dan Cipta Karya, Jawa Tengah, Prawindari Kusumastuti mengapresiasi inovasi SIG dengan menciptakan solusi beton cepat kering, sehingga mendukung percepatan pembangunan infrastruktur yang berkualitas. 

“Semoga kedepan, SpeedCrete dapat diaplikasikan oleh Dinas PU Bina Marga dan Cipta Karya, Jawa Tengah”, ujarnya.

Selain SpeedCrete, SIG juga memproduksi beragam produk solusi beton untuk berbagai aplikasi, seperti ThruCrete (beton berpori) yang memiliki kemampuan menyerap air, sehingga membantu konservasi air tanah dan mengendalikan air limpasan (water runoff). 

DekoCrete, solusi beton dekoratif dengan berbagai pilihan warna dan pola untuk taman, trotoar, area parkir dan jalan. Selain itu juga LocooCrete, solusi beton rendah emisi karbon untuk memenuhi kebutuhan pembangunan yang ramah lingkungan.
 

Editor : Agus Ismanto

Follow Berita iNews Gresik di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.