get app
inews
Aa Read Next : Nawa Karsa Gresik Agropolitan Sukses Tingkatkan Produktivitas dan Ketahanan Pangan

Beragam Jenis Bonsai Seharga Ratusan Juta Menghiasi Gresik

Rabu, 15 Februari 2023 | 16:41 WIB
header img
Pameran ini menampilkan sebanyak 970 Bonsai, hasil koleksi terbaik para kolektor dari berbagai wilayah di Indonesia.

GRESIK, iNews.id - Ratusan jenis Bonsai terbaik milik para kolektor dari berbagai penjuru wiayah di Indonesia meramaikan pameran bonsai nasional di halaman parkir GressMall Gresik, mulai tanggal 11 sampai 21 februari 2023. 

Pameran tanaman kerdil ini, digagas Perhimpunan Penggemar Bonsai Indonesai (PPBI) bekerjasama dengan dinas pertanian Gresik menampilkan sebanyak 970 bonsai,  hasil kreatifitas pelaku usaha kecil mikro (UMKM) Bonsai di Indonesai.

Ketua Umum PPBI Pusat Erwin Lismar, mengatakan beragan jenis tanaman kerdil tampil meramaikan pameran Bonsai pertama di Gresik ini, di antaranya Secang, Beringin, Anting Putri, Santigi, dan Jeruk Kingkit. Panitia membagi dalam beberapa kelas, yakni kelas Prospek, Pratama, Madya, dan Utama.

"Pameran ini menampilkan sebanyak 970 Bonsai, hasil koleksi terbaik para kolektor dari berbagai wilayah di Indonesia," ujarnya, usai pembukaan pameran, Rabu (15/2/2023).

Erwin menambahkan, pameran bonsai merupakan agenda rutin tahunan sebagai ajang silaturahim, meningkatkan seni kreativitas bonsai dan mengedukasi masyarakat akan budidaya tanaman Bonsai. "Pemeran bonsai juga bertujuan untuk mengajak masyarakat mencintai bonsai dan mau belajar membuat bonsai yang memiliki harga jual cukup tinggi," terangnya.

Wakil Bupati Gresik, mengatakan pameran dan kontes bonsai ini menunjukkan kreativitas dan kreasi UMKM bonsai yang terus bergerak. Pameran dan kontes bonsai ini diharapkan terus digelar secara rutin sebagai agenda tahunan untuk menggerakkan sektor ekonomi.

"Karenanya, Saya berharap kegiatan ini bisa terus berlanjut di Kabupaten Gresik, sehingga pecinta-pecinta bonsai di Kabupaten Gresik bisa terus termotivasi untuk senantiasa meningkatkan keahliannya," pungkasnya.

Dikatakanya, tidak hanya bonsai saja, Gresik juga punya Adenium , Aglonema , Bougenville , dan lain-lain yang tersebar di wilayah Kecamatan Driyorejo, Wringinanom, dan Kedamean. Bonsai termasuk jenis tanaman unik yang memiliki nilai seni. 

"Dengan melestarikan dan membudidayakan seni bonsai, maka akan mampu menggerakkan ekonomi kreatif," ujarnya.

Pada kesempatan ini, Wabup Bu Min juga memberikan penghargaan sebagai bentuk apresiasi pada bonsai terbaik di gelaran ini. Salah satunya diterima penghobi bonsai bernama Vinsent asal Pamekasan, Madura. Tanaman bonsai senilai ratusan juta miliknya tersebut, meraih gelar bergengsi yakni Best In Show .

kegiatan ini, dihadiri Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Jatim yang diwakili oleh Irita Rahayu Aryati, Kepala Badan Standarisasi Instrumen Pertanian Jatim Dr. Atekan, Ketua Umum PPBI Pusat Erwin Lismar, Ketua Umum PPBI Gresik Zul Azmy Amiq, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Gresik Eko Anindito, dan sejumlah Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Gresik. 

Editor : Agus Ismanto

Follow Berita iNews Gresik di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut