get app
inews
Aa Read Next : Gempar! Seorang Kakek Pemulung Ditemukan Tewas di Areal Tambak

Rajin Menabung Selama 43 tahun, Kakek 93 tahun Akhirnya Berangkat Haji

Rabu, 15 Maret 2023 | 22:35 WIB
header img
Kakek Kumilar tidak berangkat haji sendiri, tetapi didampingi anak keduanya, Waqoiyah yang akan berangkat Haji padaK bulan Juni mendatang

GRESIK, iNews.id -  'Menabunglah untuk masa depanmu' ungkapan yang pas untuk menggambarkan perjalanan hidup Kakek Kumilar (93), sosok petani tangguh asal Desa Bolo, Kecamatan Ujungpangkah, kabupaten Gresik.

Betapa tidak. Berkat ketekunanya menabung sejak tahun 1980, akhirnya cita citanya menjalankan rukun Islam ke lima akhirnya tercapai. Bahkan, kakek 15 buyut ini, tercatat menjadi calon jamaah haji tertua di Gresik. 

Kakek Kumilar tidak berangkat haji sendiri, tetapi didampingi anak keduanya, Waqoiyah yang akan berangkat Haji pada bulan Juni mendatang. Pasangan bapak dan anak ini, mendaftar haji sejak tujuh tahun yang lalu dan mendapatkan kouta prioritas lansia pemberangkatan haji di tahun ini. 

“Saat umur 1970 saya sudah niat berangkat haji. Meskipun saya berprofesi petani saya yakin Allah memberikan kemudahan,” ucar kakek yang terlahir tahun 1930 di rumahnya, Rabu (15/3/2023). 

Setelah ada niat yang kuat, bapak yang dikaruniai 10 anak ini mulai menabung sedikit demi sedikit, untuk bekal haji. Bahkan, pernah menjual sapi untuk bekal ibadah tersebut. 

“Tepatnya mulai tahun 1980, saya sudah mulai menabung. Meskipun saat itu pendapatan menjadi petani tidak banyak,” ujarnya. 

Seiring perjalanan waktu, anak dan cucunyapun turut membantu kekurangan biaya ibadah haji. Hingga saat ini, Kakek Kumilar, sudah menjalani beberapa tahapan persyaratan haji. Mulai tes kesehatan, pemeriksaan darah, hingga vaksin. 

“Sebenarnya, saat pandemi Covid-19 hendak berangkat. Namun, tidak ada peruntukan untuk lansia,” terangnya. 

Setiap harinya Kumilar biasanya pergi ke sawah melihat perkebunan sawah miliknya. Kegiatan tersebut baru dihentikan sekitar satu tahun terakhir ini. 

Kini, dalam persiapannya, Kakek Kumilar selalu beraktivitas di pagi hari. Agar badan selalu sehat dan tetap bugar. Mulai latihan jalan-jalan dan juga bersepeda. 

Menurutnya, resepnya agar badan sehat, yakni meminta barokah Allah. Istiqomah membaca wirid setiap setelah sholat subuh, dan ashar. "Alhamdulillahal akhirnya bisa berangkat menunakan ibadah haji," pungkasnya.

Editor : Agus Ismanto

Follow Berita iNews Gresik di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut