get app
inews
Aa Read Next : Pasar Bandeng Kawak, Tradisi Warga Gresik Sambut Idhul Fitri

Pesona Songkok Nusantara Berkaraker Masjid, Favorit Warga di Bulan Suci Ramadhan

Minggu, 02 April 2023 | 23:20 WIB
header img
Menampilkan dua model unggulan yakni Songkok lukis anak anak berkarakter masjid dan songkok lukis dewasa yang elegance dan trendy membuat produknya mampu menyedot perhatian pecinta peci khas Indonesia.

GRESIK, iNews.id - Bulan Ramadhan mendatangkan berkah bagi sejumlah perajin songkok tradisional di Gresik di antaranya perajin songkok Nusantara Muhamad Jefri  di jalan Sindujoyo, Kecamatan Gresik kota, Kabuaten Gresik, Jawa Timur. 

Menampilkan dua model unggulanya yakni Songkok lukis anak anak berkarakter masjid dan songkok lukis dewasa yang elegance dan trendy membuat produknya mampu menyedot perhatian pecinta peci khas Indonesia. 

Perajin songkok tradisional. Muhammad Jefri (45) mengatakan desain warnanya yang elegance berpadu dengan karakter masjid dari berbagai wilayah di Indonesia menjadi salah satu daya tarik para pecinta songkok di Indonesia. 

“Kelebihan songkok lukis ini di antaranya Mudah dicuci dan disikat, warna tidak luntur dan terbuat dari bahan yang sangat nyaman di kepala,” ujar Jefri, saat di temua di rumah sekaligus tempat usahanya, Minggu (2/4/2023).

Dikatakanya, pesanan songkok anak anak berkarakter masjid terus mengalir sejak satu bulan menjelang bulan suci Ramadhan. Dalam sehari pesanan songkok Nusantara ini mencapai 1000 unit yang memesan melalui Offline maupun Online.

"Alhamdulilah. Pesanan terus mengalir sejak menjelang Ramadhan," terangnya.

Jefri menungkapkan khusus untuk laki laki dewasa menampilkan produk songkok model exelen yang elegance, trendy dengan corak warna yang sederhana. Model ini banyak disuka lai laki dewasa pecinta songkok, karena penampianya yang lebih elegence.

"Dua model ini menjadi primadona dan banyak disuka warga untuk merayakan Ramadhan 1444 Masehi," ungkapnya.

Demi memenuhi pesanan, lanjutnya, UMKM yang dikelolanya harus menambah jam kerja untuk para tenaga kerjanya. Para pekerja tidak ingin melewatkan momen tahunan yang selalu terjadi di bulan suci Ramadhan. "Ini kesempatan yang tidak boleh dilewatkan karena terjadi sekali dalam setahun," bebernya.

Lonjakan pesanan ini, membuat perajin songkok tradisonal di Gresik semakin bersemangat. Kondisi ini, jauh berbeda dibandingkan saat masa pandemi covid-19, sekiar 2  tahun lalu. Waktu itu, pesanan songkok merosot drastis, hingga membuat kelimpungan perajin songkok.

"Alhamdulilah. kondisi berangsur membaik dan pesanan kembali meningkat. Sehingga geliat usaha pelaku UMKM di Gresik semain bergairah," terangnya.

Bagi anda yang tertarik memesan produk songkok lukis berkarakter masjid maupun exelen bisa memesan secara online maupun offline yang dibandrol seharga Rp 70 ribu sampai Rp 150 ribu rupiah per unit.
 

Editor : Agus Ismanto

Follow Berita iNews Gresik di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut