get app
inews
Aa Read Next : Reduksi Emisi Gas Rumah Kaca, SIG Tingkatkan Penggunaan Bahan Bakar Alternatif dari Limbah Industri

Terungkap Rahasia SUGBK Menjadi Stadion Termegah dan Terfavorit

Rabu, 05 Juli 2023 | 18:52 WIB
header img
Stadion Utama Gelora Bung Karno merupakan mahakarya yang dibangun dengan menggunakan Semen Gresik

JAKARTA,iNewsGresik.id -  Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta meraih prediket sebagai Stadion Terfavorit dalam voting bertajuk Stadion Termegah di Asia Tenggara pada 2020 yang digelar Asian Football Confederation (AFC).Tidak hanya  menjadi bangunan ikonik kebanggaan Bangsa Indonesia, tetapi juga menjadi lokasi konser musik favorit para musisi internasional. 

Kemegahanan SUGBK, tidak   hanya menjadi kebanggan bangsa Indonesia, tetapi juga Semen Indonesia Group (SIG). Karena bangunan bertaraf internasional yang pembangunanya dimulai tahun 1960 dibangun menggunakan Semen Gresik. Menjadi bukti sejarah ketangguhan dan kualitas SIG di bidang konstruksi. 

Kesuksesan FIFA Matchday menggelar pertandingan antara Timnas Indonesia melawan tim juara Piala Dunia 2022, Argentina di SUGBK, tidak hanya menampilkan permainan apik Tim Garuda Muda. Tetapi juga menampilkan ketangguhan SUGBK dengan fasilitas bertaraf internasional, sehingga menuai pujian dari Manajer Timnas Argentina, Daniel Cabrera dengan menyebutnya 'Perfecto atau Sempurna.

Corporate Secretary SIG, Vita Mahreyni mengatakan, SIG bangga dapat berkontribusi dalam pembangunan di Indonesia. "SIG berkomitmen terus berpartisipasi dalam menyukseskan program pembangunan yang dicanangkan pemerintah melalui solusi produk yang berkualitas dan ramah lingkungan," ujarnya, Rabu (6/7).

Dikatakanya, menjelang perhelatan Asian Games 2018, SIG kembali berpartisipasi dalam revitalisasi SUGBK melalui pengaplikasian produk ThruCrete yang mampu meresapkan air ke dalam tanah di sejumlah area di kawasan GBK, seperti Taman Krida Loka, jalur pejalan kaki dan lintasan jogging. 

"Ini menjadi bukti, SIG terus berinovasi menghadirkan solusi produk dan jasa untuk mendukung pembangunan dengan memperhatikan prinsip keberlanjutan. Guna menciptakan kehidupan yang semakin baik bagi generasi saat ini dan generasi yang akan datang" ungkap Vita Mahreyni.

SUGBK, akan menjadi lokasi konser musik Grup band asal Inggris Coldplay pada 15 November 2023. Penampilan grup band bergenre Alternative Rock itu bukanlah menjadi kali pertama. Sederet musisi kelas dunia tercatat pernah merasakan atmosfer pertunjukkan di SUGBK, di antaranya Raisa dan BlackPink (2023), Metallica (2019), Deep Purple (1975) dan Mick Jagger (1988).

Diinformasikan, pembangunan gedung bersejajarah SUGBK dimulai pada 8 Februari 1960. Saat Indonesia terpilih menjadi tuan rumah Asian Games 1962. SUGBK memiliki desain yang memukau. Atapnya melingkar atau temu gelang. Atap SUGBK juga tidak memakai penyangga di tengah. 

Sedangkan, penyangga atap seluruhnya berada di tepi mengelilingi bangunan stadion. Arsitektur konstruksi yang istimewa tersebut menunjukkan kecanggihan SUGBK pada masanya. SUGBK diresmikan pada 24 Agustus 1962 bertepatan dengan pembukaan Asian Games 1962.

Editor : Agus Ismanto

Follow Berita iNews Gresik di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut