get app
inews
Aa Read Next : Reduksi Emisi Gas Rumah Kaca, SIG Tingkatkan Penggunaan Bahan Bakar Alternatif dari Limbah Industri

Konsisten Terapkan Energi Hijau, PT Semen Tonasa Meraih Penghargaan Energy Management Leadership

Senin, 24 Juli 2023 | 17:07 WIB
header img
Pemanfaatan biomassa sebagai bahan bakar alternatif, implementasi manajemen energi berbasis ISO 50001 yang diterapkan PT Semen Tonasa juga mencakup inisiatif pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT) dengan pemasangan panel surya

Jakarta, iNewsGresik.id PT Semen Tonasa  berhasil memenangkan Award of Excellence in Energy Management dari Clean Energy Ministerial (CEM) di ajang the 2023 CEM’s Energy Management Leadership Awards. Prestasi ini dicapai, karena Anak usaha dari PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG), sejak 2019 berhasil menurunkan konsumsi dan melakukan efisiensi biaya energi dengan implementasi ISO 50001.  

CEM’s Energy Management Leadership Awards 2023 memberikan penghargaan Award of Excellence in Energy Management kepada dua perusahaan dan penghargaan Energy Management Insight Awards kepada 15 organisasi lainnya yang telah menerapkan sistem manajemen energi serta meningkatkan kesadaran global akan manfaat ekonomi dan keberlanjutan. 

Prosesi pemberian penghargaan dilakukan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Arifin Tasrif, kepada Direktur Utama PT Semen Tonasa, Asruddin didampingi Direktur Operasi SIG, Reni Wulandari di Goa, India.

Direktur Utama SIG, Donny Arsal mengatakan, penghargaan ini merupakan apresiasi atas komitmen keberlanjutan SIG, khususnya pada pilar Perlindungan Terhadap Lingkungan melalui lima topik prioritas yaitu Pengelolaan Risiko Iklim dan Energi, Pengelolaan Ekonomi Sirkular, Pengelolaan Emisi Udara, Pengelolaan Air dan Pengelolaan Keanekaragaman Hayati.

“SIG merasa bangga atas pencapaian PT Semen Tonasa yang berhasil meraih penghargaan tertinggi Award of Excellence in Energy Management pada ajang The 2023 CEM’s Energy Management Leadership Awards," ujarnya, Senin (24/7/2023).

Prestasi ini, lanjutnya semakin memotivasi SIG Group untuk meningkatkan penerapan prinsip-prinsip keberlanjutan pada seluruh kegiatan operasional. "Karena keberlanjutan merupakan kunci untuk menciptakan kehidupan yang baik bagi seluruh makhluk hidup di bumi dan menjaga ketahanan Perusahaan di masa mendatang,” jelas Donny Arsal.

Dikatakanya, Sustainability Road Map SIG mencakup beragam inisiatif strategis yang berkontribusi pada dekarbonisasi melalui penurunan faktor terak, pemanfaatan bahan bakar alternatif sampah perkotaan yang dikelola menjadi refuse-derived fuel (RDF), hydrogen injection dan efisiensi energi termal (STEC). 

"SIG juga mendukung pengembangan energi terbarukan melalui penggunaan panel surya untuk substitusi energi listrik pada unit-unit operasionalnya, serta optimasi gas panas buang dari proses produksi semen (Waste Heat Recovery Power Generation)," bebernya.  

Masih kata Donny Arsal, melalui inisiatif strategis tersebut, SIG berhasil menurunkan pemakaian energi dari 108,5 juta GJ pada 2021 menjadi 94,2 juta GJ pada 2022. "Intensitas emisi juga berhasil ditekan hingga 590 kg CO2/ton cement equivalent pada 2022 atau turun 16,67 persen dari baseline tahun 2010 sebesar 708 kgCO2/ton cement equivalent,” ujarnya.

Diinformasikan, PT Semen Tonasa sejak tahun 2019 konsisten menerapkan sistem manajemen energi berbasis ISO 50001 yang selaras dengan sustainability road map SIG. Hal ini, untuk memastikan operasional perusahaan yang berkelanjutan dan mempertimbangkan isu Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola (ESG). 

Sejak menerapan sistem manajemen energi berbasis ISO 50001, PT Semen Tonasa berhasil melakukan penghematan biaya energi dengan total sebesar $16,1 juta atau ekivalen dengan penghematan energi 4,3 juta Gigajoule (GJ), serta pengurangan emisi CO2 sebesar 436 ribu metrik ton.  

Salah satu inisiatif PT Semen Tonasa melalui manajemen energi yaitu dengan memanfaatkan biomassa yang bersumber dari limbah pertanian sebagai bahan bakar alternatif. Tingkat substitusi termal (TSR) biomassa dalam kegiatan produksinya meningkat secara signifikan dari 1,17 persen menjadi 8,13 persen. 

Sedangkan, total jumlah limbah pertanian yang dimanfaatkan sebesar 157 ribu ton. Peningkatan penggunaan biomassa ini telah melalui proses penyesuaian pada raw mix design dan critical operating parameters (COP) untuk tetap mempertahankan kualitas produk.

Editor : Agus Ismanto

Follow Berita iNews Gresik di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut