get app
inews
Aa Read Next : Reduksi Emisi Gas Rumah Kaca, SIG Tingkatkan Penggunaan Bahan Bakar Alternatif dari Limbah Industri

Tingkatkan Nilai Tambah Produk, SIG Berkolaborasi dengan BRIN

Jum'at, 04 Agustus 2023 | 10:23 WIB
header img
Deputi Bidang Pemanfaatan Riset dan Inovasi BRIN, R. Hendrian (ketiga kanan) dan Direktur Utama SIG, Donny Arsal (kedua kanan) menandatangani Nota Kesepahaman tentang Riset, Invensi, dan Inovasi yang Bersifat Aplikatif

Jakarta, iNewsGresik.id – PT Semen Indonesia Tbk (SIG) berkolaborasi dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melakukan riset dan inovasi aplikatif di bidang industri semen dan turunannya untuk menciptakan solusi produk dan layanan jasa.

Kolaborasi kedua institusi ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) oleh Direktur Utama SIG, Donny Arsal dan Deputi Bidang Pemanfaatan Riset dan Inovasi BRIN, R. Hendrian di Kantor Pusat BRIN, Gedung B.J. Habibie, Jakarta, pada Senin (31/7/2023). 

Kepala BRIN, Laksana Tri Handoko mengatakan, pengembangan produk berbasis riset penting untuk meningkatkan nilai tambah suatu produk. Selain memberikan dukungan dalam bentuk fasilitas infrastruktur hingga penyediaan sumber daya manusia juga memfasilitasi produk yang telah diproduksi dan dikembangkan untuk masuk ke katalog inovasi. 

“Saya mengapresiasi semua pelaku usaha yang telah bekerja sama dengan BRIN untuk mendukung bisnis perusahaan agar lebih baik lagi ke depan,” kata Laksana Tri Handoko," Jumat, (4/8/2023).
   
Sementara itu, Direktur Utama SIG, Donny Arsal mengatakan, SIG berkomitmen menjalankan amanat Pemerintah Republik Indonesia untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan. Wujud komitmen, dilaksanakan melalui upaya dekarbonisasi dalam praktik bisnis Perusahaan yang tercakup dalam sustainability road map Perusahaan.

"SIG secara konsisten telah melakukan berbagai upaya dekarbonisasi, di antaranya melalui optimasi proses produksi untuk menghasilkan produk semen dengan kualitas terbaik, pemanfaatan bahan bakar alternatif sampah perkotaan yang dikelola menjadi refuse-derived fuel (RDF), hydrogen injection dan efisiensi energi termal (STEC)," jelasnya.

Selain itu, lanjut Donny Arsal, SIG mendukung pengembangan energi terbarukan melalui penggunaan panel surya untuk substitusi energi listrik pada unit-unit operasionalnya, serta optimasi gas panas buang dari proses produksi semen (Waste Heat Recovery Power Generation).  

“Untuk mengakselerasi capaian dekarbonisasi, SIG membutuhkan kolaborasi dengan berbagai pihak yang relevan, termasuk BRIN. SIG ingin terus berkontribusi melalui solusi dan inovasi berkelanjutan untuk memberi nilai tambah bagi seluruh pemangku kepentingan dan mendukung tercapainya Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs),” bebernya. 

Dikatakanya, SIG telah membuktikan kinerja keberlanjutan berbasis ESG (Environmental, Social, and Governance) pada tahun 2022, dengan meraih penghargaan PROPER Emas oleh Pabrik PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) Cilacap. Sedangkan, Pabrik SIG lainnya mendapatkan penghargaan PROPER Hijau dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). 

Selain itu, seluruh Pabrik SIG juga mendapat penghargaan Industri Hijau dari Kementerian Perindustrian. "Terbaru, PT Semen Tonasa terpilih sebagai satu dari dua perusahaan di dunia yang memenangkan Award of Excellence in Energy Management dari Clean Energy Ministerial (CEM) pada ajang the 2023 CEM’s Energy Management," pungkasnya.

Editor : Agus Ismanto

Follow Berita iNews Gresik di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut