get app
inews
Aa Read Next : Atasi Pengangguran, Pemkab Gresik Gencarkan Pembekalan Pelatihan Bagi Para Pencari Kerja

Relawan Bakti BUMN 2023, SIG Beri Pelatihan Promosi dan Pemasaran Digital Kepada Petani Eks Tambang

Selasa, 22 Agustus 2023 | 22:41 WIB
header img
Relawan Bakti BUMN melakukan pengemasan hand sanitizer produk turunan dari sereh wangi di Cibadak Integrated Farming (CIF), Sukabumi, Jawa Barat.

JAKARTA, iNewsGresik.id Cibadak Integrated Farming (CIF), kawasan bekas tambang PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) yang dikelola anak usahanya, PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) terpilih menjadi salah satu lokasi program Relawan Bakti BUMN

Kawasan bekas tambang yang kini menjadi hutan wisata edukasi dan perkebunan terintegrasi itu dinilai telah memenuhi kriteria yang ditetapkan Menteri BUMN, Erick Thohir yaitu pendidikan, lingkungan dan pengembangan Usaha Mikro dan Kecil (UMK).

Corporate Secretary SIG, Vita Mahreyni mengungkapkan terpilihnya CIF menjadi tuan rumah program Relawan Bakti BUMN Batch IV 2023 menjadi sebuah kebanggaan. Wujud apresiasi atas efektivitas program TJSL yang dijalankan  SIG dan anak usahanya dalam membantu mengentaskan kemiskinan dan memperbaiki lingkungan. 

“Kami berharap program Relawan Bakti BUMN di Cibadak Integrated Farming menjadi ajang pengabdian sepuluh karyawan dari sejumlah perusahaan BUMN kepada masyarakat setempat," ujar tutur Vita Mahreyni, Selasa (22/8/2023).

Program ini, lanjutnya tidak hanya memberikan pembelajaran dan pengalaman positif bagi para relawan, tetapi membantu masyarakat meningkatkan kemampuan promosi produk dan pemasaran di era digital, salah satunya melalui media sosial. 

Vita Mahreyni mengungkapkan selama kegiatan, sebanyak 10 orang relawan mendapatkan kesempatan mengikuti serangkaian kegiatan pengelolaan hasil panen sereh wangi, di antaranya memanen, penyulingan, pembuatan produk turunan sereh wangi menjadi sabun, hand sanitizer, essential oil, hingga cairan pembersih lantai. 

"Pada kegiatan ini, para relawan bersama masyarakat juga melakukan kegiatan penanaman pohon nangka, dan pemeliharaan pohon pinus yang berada di lokasi kegiatan," ungkapnya.

Masih kata Vita Mahreyni, para relawan tidak hanya mengedukasi masyarakat program kelestarian lingkungan,  tetapi juga memberikan pelatihan promosi dan pemasaran digital kepada para petani dan masyarakat binaan. "Hal ini, untuk membantu mengoptimalkan penjualan produk, mulai dari pengemasan produk, pengambilan gambar, hingga strategi penjualan di market place," jelas Vita Mahreyni. 

Pada program tahun 2023, SIG mengirimkan sebanyak 3 orang relawan dalam program Relawan Bakti BUMN Batch IV tahun 2023. Mereka adalah Gani Sulistiawan dari PT Semen Gresik, Arham Azis dari PT Semen Tonasa, dan Darwin dari PT Semen Baturaja Tbk. 

"3 orang relawan SIG tersebut berhasil masuk daftar 100 Relawan Bakti BUMN Batch IV 2023, melalui proses seleksi yang melibatkan 8.096 orang pendaftar," jelas Vita Mahreyni.

Program Relawan Bakti BUMN bertujuan untuk meningkatkan jiwa solidaritas dan darma bakti karyawan BUMN kepada masyarakat. Program yang memasuki gelombang ke-empat ini dilaksanakan serentak pada 15–17 Agustus 2023 di 10 titik lokasi yaitu Meunasah-Aceh, Pandeglang-Banten, Sukabumi-Jawa Barat Sragen-Jawa Tengah, Kulonprogo-DIY, Malang-Jawa Timur, Penglipuran-Bali, Lombok-NTB, Namlea-Maluku dan Jayapura-Papua dengan melibatkan 100 relawan yang merupakan karyawan dari 54 BUMN. 

Editor : Agus Ismanto

Follow Berita iNews Gresik di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut