get app
inews
Aa Read Next : Ratusan Warga Antusias Sambut Droping Air Bersih dari Polsek Cerme

Krisis Air Bersih, Pemdes Jatirembe Bagikan Air Minum Gratis ke Warganya

Rabu, 27 September 2023 | 18:43 WIB
header img
Kades bersama perangkat bagikan air bersih gratis ke rumah rumah warga

iNewsGresik.id - Kekeringan akibat musim kemarau berkepenjangan, mendorong Pemerintah Desa (Pemdes) Desa Jatirembe, Kecamatan Benjeng, Kabupaten Gresik membagikan air minum gratis ke warganya.

Dengan membawa kendaraan roda tiga, seorang petugas Pemdes berkeliling ke rumah rumah warga. Masing -masing rumah mendapatkan jatah 1 galon air minum isi ulang. 

"Kami prrihatin dengan kondisi kekeringan yang melanda warga. Semoga, bantuan ini dapat meringankan beban warga," ujar Kades Jatirembe, Miftahul Hadi, Rabu (27/9).

Dikatakanya, selama berbulan-bulan, warga mengalami kesulitan air bersih, dampak kemarau berkepanjangan. Sejumlah waduk desa yang menjadi sumber air, kondisinya susut, dan airnya keruh. 

""Kita bagikan air isi ulang sebanyak tujuh ratus galon, untuk 700 kepala keluarga. Air isi ulang dibeli dari warga sekitar seharga Rp 6 ribu/ per galon," ungkap Kades berambut gondrong ini. 

Miftahul Hadi menambahkan, sebelumnya berniat membagikan air minum dengan kendaraan truk tanki. Namun, sopir truk tangki menolak, karena terlalu lama jika harus berkeliling ke rumah-warga. 

"Akhirnya beli air isi ulang di rumah warga dengan kendaran roda 3. Model ini, lebih efektif dan sangat bermanfaat terutama untuk minum dan masak, " tegasnya. 

Bantuan air isi ulang ini mendapatkan sambutan sukacita warga setempat. Mereka langsung keluar rumah menunggu datangnya kendaraan pengangkut air ke rumahnya.

"Bantuan air isi ulang baru pertama kali. Selama ini tidak pernah ada bantuan air isi ulang. Kalau kesulitan air bersih, biasanya warga hanya mendapatkan bantuan air tangki," ujar Lutfah, ibu 2 orang anak.

dikatakanya, sudah lebih 3 bulan mengalami kesulitan air bersih, akibat susutnya sejumlah waduk sumber air bersih warga desa. 

"Saya sangat terbantu dengan insitaif Pak Kades. Ini sangat meringankan beban warga di tengah melanjutkan berbagai harga kebutuhan pokok," tandasnya. 

Sementara itu, BPBD Kabupaten Gresik, mencatat kekeringan telah melanda sebanyak 30 Desa tersebar di delapan kecamatan di kabupaten Gresik. "Sejak 3 bulan terakhir, kami secara bergelombang telah mendistribusikan air bersih ke desa desa," ujar Driatmiko Herlambang, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Gresik. 

Editor : Agus Ismanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut