get app
inews
Aa Read Next : Pasar Bandeng Kawak, Tradisi Warga Gresik Sambut Idhul Fitri

Puluhan Tahun Menunggu, Warga Duduk Sampean Bakal Menikmati Sumber Air Umbulan di Bulan Desember

Kamis, 28 September 2023 | 19:04 WIB
header img
Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI Diana Kusumastuti meninjau Pekerjaan Pembangunan Jaringan Perpipaan untuk Percepatan SPAM Regional Umbulan Provinsi Jawa Timur di Manyar

iNewsGresik.id- Warga di wilayah kecamatan Duduksampean, Kabupaten Gresik, pada bulan Desember 2023 bakal dapat menikmati aliran PDAM dari sumber mata air Umbulan, Pasuruan. Sebelumnya, warga di wilayah kecamatan Kebomas dan Gresik kota telah menikmati aliran sumber air Umbulan. 

Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI Diana Kusumastuti, mengatakan  pada akhir bulan September pemasangan pipa jaringan telah mencapai 77, 670 persen dan ditargetkan tuntas pada bulan Oktober mendatang. 

"Insya Allah, pada bulan Desember 2023, sumber air Umbulan mulai mengalir ke rumah - rumah warga di wilayah kecamatan Duduksampean," ujarnya, saat meninjau Pekerjaan Pembangunan Jaringan Perpipaan untuk Percepatan SPAM Regional Umbulan Provinsi Jawa Timur di Manyar, Sabtu (28/9). 

Dikatakanya, setelah selesai pemasangan jaringan pipa pada bulan Oktober, dilanjutkan dengan flushing, tes comisioning dan uji alir. Setelah selesai semuanya, maka air bisa mengalir ke sambungan rumah-rumah warga.

"Air Umbulan debit airnya mencapai 4.000 liter per detik, sehingga bisa menambah sambungan rumah sebanyak 14.500 sambungan rumah," ungkap Diana Kusumastuti .

Sementara itu, Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani mengapresiasi Kementerian PUPR Dirjen Cipta Karya yang memberikan perhatian kepada masyarakat Gresik. Dengan adanya utilitas baru ini, maka akan terus menambah daya serapan sambungan pipa Perumda Giri Tirta.

"Kami sangat mengapresiasi dan terimakasih air ini sangat bermanfaat untuk masyarakat Gresik," ujarnya saat mendampingi Rombongan Kementerian PUPR.

Sebelumnya, lanjut Bupati yang akrab disapa Gus Yani menambahkan telah mengaliri warga di wilayah kecamatan Kebomas dan Gresik Kota. "Insyaallah tahun ini sudah selesai, reservoir di Bunder juga tuntas. Kita bisa mendorong air ke wilayah Kecamatan Duduksampeyan,"ungkapnya. 

Editor : Agus Ismanto

Follow Berita iNews Gresik di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut