Logo Network
Network

SIG dan PT Semen Padang Meraih Penghargaan Inovasi Pengelolaan Lingkungan Berkelanjutan

Agis
.
Jum'at, 06 Oktober 2023 | 16:38 WIB
SIG dan PT Semen Padang Meraih Penghargaan Inovasi Pengelolaan Lingkungan Berkelanjutan
Petani green belt melakukan pembibitan tanaman jati di area green house Eco Park Kambang Semi, untuk reklamasi lahan pascatambang SIG di Pabrik Tuban, Jawa Timur.

iNewsGresik.id - SIG pabrik Tuban dan anak usahanya PT Semen Padang meraih Subroto Award 2023 dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Penghargaan ini, sebagai wujud apresiasi inovasi pengelolaan lingkungan dan pemberdayaan masyarakat secara berkelanjutan.

“Penghargaan ini, menjadi bukti konsistensi perusahaan melakukan inovasi guna menciptakan perlindungan terhadap lingkungan pada operasional pertambangan, serta pengembangan dan pemberdayaan masyakarat di sekitar wilayah operasi Perusahaan,” ujar Direktur Operasi SIG, Reni Wulandari melalui keterangan resminya, Jumat pekan lalu. 

SIG Pabrik Tuban meraih  Penghargaan Inovasi Penyediaan, Pembangunan, dan Pengelolaan Fasilitas Pembibitan/Persemaian (Nursery) pada Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batubara, kategori Kelompok Pemegang Izin Usaha Pertambangan (IUP) untuk Perusahaan Pertambangan Komoditas Mineral Bukan Logam, Bukan Logam Jenis Tertentu dan/atau Batuan. 

Sedangkan, PT Semen Padang, meraih penghargaan Bidang Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) Mineral Terinovatif, kategori Bukan Logam, subkategori Bidang Pengelolaan Lingkungan Kehidupan Masyarakat Sekitar Tambang yang Berkelanjutan.

Penghargaan SIG Pabrik Tuban, berkat program percepatan pertumbuhan bibit tanaman pokok (kayu putih, jati, dan kaliandra merah) di area reklamasi tambang SIG Pabrik Tuban, Jawa Timur dengan memanfaatkan bakteri perakaran atau Plant Growth Promoting Rhizobacteria (PGPR) Indigen. 

Inovasi ini dinilai memenuhi sejumlah kriteria, meliputi kebaharuan (novelty), tingkat keberhasilan pemecahan masalah (effectiveness), kebermanfaatan (usefulness), kemudahan direplikasi (replicabilty), dan keberlanjutan (sustainability).
  
Proses pembibitan dengan aplikasi PGPR Indigen memiliki beberapa keunggulan yang tidak dimiliki zat pengatur tumbuh lainnya, di antaranya memiliki sifat anti patogen, menyuburkan, dan tersedia melimpah di alam. 

"Inovasi pembibitan ini mampu menyediakan kebutuhan bibit sebanyak 60.000 bibit/tahun yang digunakan untuk kebutuhan reklamasi pasca tambang serta masyarakat sekitar tambang," Reni Wulandari. 

PT Semen Padang meraih pernghargaan terkait program konservasi ikan bilih di area Taman Keanekaragaman Hayati PT Semen Padang dengan membuat kolam ikan yang dilengkapi dengan tempat pemijahan dan laboratorium pemijahan.

Program yang dijalankan sejak 2018 ini, berhasil mengembangbiakkan lebih dari 7 ribu ikan bilih dan telah disebar ke Danau Singkarak untuk mempertahankan ikan bilih sebagai mata pencarian masyarakat Salingka Danau Singkarak dan juga untuk menjamin ketersediaan ikan bilih yang berkelanjutan.  

“Hal ini sebagai wujud komitmen SIG memberikan manfaat, meningkatkan kinerja ekonomi, sosial dan lingkungan,” pungkas Reni Wulandari.

Editor : Agus Ismanto

Follow Berita iNews Gresik di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.