get app
inews
Aa Read Next : RUPS 2024, SIG Putuskan Pembagian Dividen Senilai Rp572 Miliar

Musim Kemarau Berkepanjangan, SIG Gelontor Ribuan Liter Air Bersih

Jum'at, 20 Oktober 2023 | 09:55 WIB
header img
Warga Desa Jukung, Rembang, Jawa Tengah, antusias menerima bantuan air bersih dari PT Semen Gresik.

iNewsGresik.idKrisis air bersih yang melanda sejumlah wilayah di Indonesia, mengundang keprihatinan banyak pihak, di antaranya Semen Indonesia Group. 

Sepanjang bulan September hingga Oktober, SIG melalui anak perusahaanya telah mendistribusikan air bersih sebanyak 906 ribu liter di 4 Kabupaten/ Kota, tersebar di 3 Provinsi yakni Sumatra Barat, Jawa Tengah dan Sulawesi Selatan.

Corporate Secretary SIG, Vita Mahreyni mengatakan, bantuan air bersih, sebagai wujud kepedulian SIG terhadap permasalahan sosial yang menimpa sebagian besar masyarakat Indonesia, khususnya yang berada di sekitar wilayah operasional Perusahaan. 

“Program bantuan air bersih ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat di sekitar wilayah operasional dalam menjalankan aktivitas sehari-hari,” kata Vita Mahreyni, Jumat (20/10/2023).

Vita menambahkan, pihaknya juga telah membangun embung di wilayah operasi dan reklamasi, di antaranya di lahan reklamasi Tuban seluas total 720.000 meter persegi dengan kapasitas penampungan air 6 juta meter kubik. 

Kemudian Pabrik Rembang, juga membangun embung seluas 5.119 meter persegi dengan kapasitas 15.000 meter kubik. Sedangkan, PT Semen Tonasa juga menyediakan kolam seluas 58,56 hektar di lahan reklamasi yang digunakan untuk reservoir sebagai cadangan air untuk kebutuhan pabrik.

"Embung ini, untuk membantu masyarakat sekitar perusahaan dalam memenuhi kebutuhan air bersih, terutama untuk pertanian dan perkebunan," ungkapnya.

Di Sumatra Barat, lanjut Vita, PT Semen Padang memberikan bantuan air bersih sebanyak 46 ribu liter kepada masyarakat di Kelurahan Batu Gadang, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang. Kemudian di Jawa Tengah, PT Semen Gresik memberikan bantuan sebanyak 400 ribu liter air bersih kepada masyarakat di 14 desa tersebar di 9 Kecamatan di Kabupaten Rembang. 

Masih kata Vita, SBI Pabrik Cilacap juga menyalurkan sebanyak 350 ribu liter air bersih kepada masyarakat di sejumlah wilayah di Kabupaten Cilacap. 

PT Semen Tonasa juga mendistribusikan air bersih ke beberapa fasilitas publik di Kabupaten Pangkep, di antaranya RSUD Batara Siang sebanyak 80 ribu liter, Puskesmas Kalabbirang sebanyak 5 ribu liter dan Masjid Taqwa Biring Ere sebanyak 25 ribu liter. 

Bahkan, sejak 2012 PT Semen Tonasa secara rutin memberikan bantuan air bersih kepada warga di Desa Bulu Cindea sebanyak 90 ribu liter per hari.

Editor : Agus Ismanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut