get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Warga Berburu Paket Sembako Murah Petrokimia Gresik

Petrokimia Gresik Kembali Meraih Penghargaan Proper emas dari dari KLHK

Kamis, 21 Desember 2023 | 17:07 WIB
header img
Wadirut PI, Gusrizal (kanan) bersama Dirut PG, Dwi Satriyo Annurogo (kiri) usai menerima penghargaan Proper Emas di Jakarta

iNewsGresik.id - Petrokimia Gresik, perusahaan Solusi Agroindustri anggota holding Pupuk Indonesia kembali mendapatkan penghargaan Proper Emas dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia. 

Penghargaan tertinggi dalam pengelolaan lingkungan, secara simbolis diserahkan Wakil Presiden (Wapres) RI, Ma'ruf Amin kepada Direktur Utama Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo di Jakarta, Rabu (20/12/2023).

Direktur Utama Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo menyampaikan rasa terima kasih atas apresiasi dari Wapres dan KLHK kepada Petrokimia Gresik. Ini merupakan penghargaan Proper emas ketiga yang diraih Petrokimia Gresik selama tiga tahun berturut-turut, sejak tahun 2021.

"Penghargaan Proper emas ini, menjadi motivasi untuk terus meningkatkan komitmen dalam pengelolaan lingkungan. Semakin baik pengelolaan lingkungan hidup sebuah perusahaan, maka semakin banyak memberikan dampak positif kepada masyarakat," ujar  Dwi Satriyo.

Dwi Satriyo menambahkan, proper mendorong setiap aktivitas bisnis tidak sekadar pemenuhan ketaatan terhadap peraturan lingkungan hidup. Tetapi, juga menjadi platform bagi praktik bisnis berkelanjutan dengan menerapkan prinsip ekonomi hijau. 

"Pencapaian PROPER EMAS ini menjadi bukti jika pengembangan Petrokimia Gresik selaras dengan kelestarian lingkungan sehingga memberikan manfaat bagi masyarakat," tandas Dwi Satriyo.

Program Community Development (Comdev) Lingkungan Peternakan Sapi Terintegrasi (Literasi) yang ada di Desa Sumbersari, Kec. Sambeng, Kab. Lamongan, Jawa Timur menjadi salah satu program andalan Petrokimia Gresik yang mendukung perusahaan memperoleh PROPER EMAS.

Program ini, kemudian bertransformasi menjadi Pusat Pelatihan Pertanian Pedesaan Swadaya (P4S), sehingga meningkatkan kesejahteraan anggota, pelestarian lingkungan dan memberikan manfaat dan menginspirasi stakeholder pertanian maupun peternakan.

Petrokimia Gresik, telah melakukan pendampingan peternak sapi di Sumbersari sejak tahun 2018. Sejak awal, program ini fokus pada peningkatan kapasitas pengelolaan ternak, penciptaan produk olahan limbah ternak, pengembangan usaha kelompok, serta penguatan manajemen kelompok. Kini terus berkembang menjadi pusat pembelajaran.

Petrokimia Gresik juga memiliki sejumlah program untuk mewujudkan industri hijau di antaranya melakukan efisiensi energi dengan sejumlah inovasi di pabrik dan pengelolaan limbah sesuai dengan peraturan yang dipersyaratkan Pemerintah. Kemudian penghematan konsumsi air seperti pemanfaatan Neutralized Water Effluent Treatment I untuk Pabrik AlF3, Purified Gypsum I dan II. 

"Dalam menjalankan proses bisnis, kami selalu berupaya untuk mengurangi dampak ke lingkungan, melalui program-program eco inovasi berdasarkan siklus LCA (Life-Cycle Assessment) dengan scope cradle to grave yaitu Pemasangan Cone Strainer untuk efisiensi energi, Perubahan Sistem Drift Eliminator untuk penghematan air dan Program Recovery Emisi Ammonia untuk penurunan beban emisi. Program eco inovasi tersebut dapat mengurangi dampak water footprint, eutrofikasi, hujan asam dan cumulative energy demand. Melalui penerapan prinsip sirkular ekonomi, aktifitas inovasi tersebut menghasilkan penghematan hingga Rp314,6 miliar." ujar Dwi Satriyo mencontohkan.

Dwi Satriyo memastikan, capaian Proper Emas ini akan memotivasi seluruh Insan Petrokimia Gresik untuk terus berinovasi menciptakan breakthrough di bidang pengelolaan lingkungan. Sehingga masyarakat semakin merasakan manfaat dari keberadaan perusahaan.

"Dengan capaian ini, standardisasi Petrokimia Gresik dalam pengelolaan lingkungan juga akan terus ditingkatkan. Hal ini tentunya akan didorong dengan inovasi-inovasi untuk masa depan bersama lebih baik lagi," pungkasnya. 

Editor : Agus Ismanto

Follow Berita iNews Gresik di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut