get app
inews
Aa Read Next : dr Asluchul Alif Maslichan Pastikan Maju Menjadi Calon Bupati Gresik di Pilkada 2024

Kunjungi Petani Tambak Gresik, Cak Imin Dicurhati Kelangkaan Pupuk

Jum'at, 29 Desember 2023 | 17:09 WIB
header img
Cawapres Nomor urut 1, Muhaimin Iskandar berdialog dengan petani tambak di Gresik

iNewsGresik.id - Calon Wakil Presiden (Cawapres) RI Muhaimin Iskandar berjanji akan menjamin ketersediaan pupuk dan pemasaran produk hasil pertanian, jika memenangi Pilpres pada Pemilu 2024.

"Pasangan AMIN akan menyediakan pupuk, pakan, dan pasar agar petani semakin makmur dan sejahtea," ujar Cak Imin, Jumat, (29/12/2023). 

Cak Imin, sapaan akrab Cawapres Nomor urut 1 menyampaikan hal itu, menanggapi keluhan petani tambak dalam kampanye dialogis bertajuk Rembuk Rakyat di Desa Tanggulrejo, Kecamatan Manyar, Gresik, Jawa Timur.

"Kesulitan petambak dan petani sama, yaitu terkait permasalahan pupuk subsidi yang sulit mereka dapatkan. Untuk itu, jika pasangan Anies-Muhaimin (AMIN) terpilih, akan mengevaluasi proses distribusi pupuk bersubsidi. 

"Problem pupuk bukan hanya problem petani, melainkan juga petambak ikan. Oleh karena itu, Kami akan mencarikan solusi ketersediaan pupuk," ungkapnya.

Pasangan AMIN, lanjutnya juga akan memastikan penjualan bagi petani dan petambak dengan menerapkan sistem kontrak pertanian agar nantinya harga di tingkat produksi bisa tetap stabil.

"Ke depannya harga disepakati bersama sejak awal. Sehingga tugas petani, peternak, dan petambak khusus berproduksi untuk meningkatkan kesejahreraanya," tegasnya. 

Keluhan petani tambak juga disampaikan melalui spanduk-spanduk yang terpasang melingkari gedung tempat pelaksanaan kegiatan. Mereka juga mengeluhkan, sulitnya memperoleh solar dan pupuk serta rendahnya harga jual ikan.

Salah satu petani tambak, Ainul Wafiq mengaku kesulitan mendapatkan pupuk dan bahan bakar minyak (BBM) jenis solar untuk diesel. Kondisi menyebakan penurunan produksi petani. 

"Kalau pupuknya mahal, ongkos produksi jadi bertambah. Sedangkan solar juga langka. Jadi, ini yang harus segera dicari jalan keluarnya," kata Ainul Wafiq

Editor : Agus Ismanto

Follow Berita iNews Gresik di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut