get app
inews
Aa Read Next : Angka Partisipasi Pemilu 2024 di Gresik Meningkat, Capai 87 Persen

Panwascam Kebomas Lantik Sebanyak 307 Petugas Pengawas TPS

Rabu, 24 Januari 2024 | 17:02 WIB
header img
Suasana pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan PTPS Kecamatan Kebomas, Gresik (Foto: Istimewa)

iNewsGresik.id - Panitia Pengawas pemilihan umum (Panwascam) Kebomas, Kabupaten Gresik melaksanakan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan sebanyak 307 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) Pemilu 2024, Senin (22/1/2024).

Kegiatan seremonial pelantikan, dilaksanakan di hotel Khas Gresik dan dihadiri pejabat Forkopimcam Kebomas. 

Ketua Panwascam Kebomas, Kabupaten Gresik, Andre Agus Susilo, mengatakan sebanyak 307 PTPS tersebut terdiri dari 188 laki-laki dan 119 perempuan.

"Usai dilantik, maka teman-teman tidak membawa nama pribadi, tapi membawa nama lembaga yakni Bawaslu Kabupaten Gresik," ujar Andre. 

Maka loyalitas kerja, lanjutnya, benar-benar diharapkan. Karena, petugas TPS bersentuhan langsung dengan masyarakat, sebagai ujung tombak di TPS.

"Sebelumnya, mereka akan mendapatkan pembekalan dari Komisioner Panwascam Kebomas," kata Andre.

Andre berharap PTPS bisa menjalankan tugas dengan penuh integritas dan tanggung jawab. Selain itu, mererka dituntut memiliki kesiapan fisik dan mental dalam melaksanakan tugas.

"Petugas PTPS juga perlu memperdalam pengetahuan tugas pokok pencegahan dan pengawasan agar pesta demokrasi berjalan dengan lancar," ucapnya.

Andre menegaskan pentingnya tugas pokok PTPS, khususnya pada masa pemungutan suara pada 14 Februari 2024 mendatang. Mulai persiapan logistik, pemungutan suara, masa perhitungan, hingga pergeseran surat suara.

"Fokus pada proses pengawasan dan memastikan tahapan itu berjalan jujur dan adil. Mereka juga akan memberikan laporan sesuai kondisi di lapangan," ucapnya.

Diinformasikan, total jumlah pengawas TPS di kabupaten Gresik sebanyak 3.673. Pelantikan dilaksanakan secara serentak di masing-masing kecamatan tersebar di 18 kecamatan di Kabupaten Gresik. 

Editor : Agus Ismanto

Follow Berita iNews Gresik di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut