get app
inews
Aa Read Next : Nawa Karsa Gresik Agropolitan Mampu Tingkatkan Produksi Perikanan

Pemkab Gresik Kembali Sabet Adipura, Setelah Absen 10 Tahun

Selasa, 05 Maret 2024 | 22:57 WIB
header img
Bupati Gresik, Fand Akhmad Yani, Wakil Bupati Gresik, Aminatun Habibah dan pejabat Pemkab Gresik mengarak piala Adipura keliling kota

iNewsGresik.id -  Kabupaten Gresik kembali meraih penghargaan tertinggi di bidang kebersihan, lingkungan hidup dan tata kelola sampah, yakni piala Adipura. Penghargaan Adipura berhasil diraih kembali, setelah Pemkab Gresik absen selama 10 tahun. 

Sebagai ungkapan rasa syukur, Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah dan pejabat pemerintah daerah mengarak piala Adipura keliling kota mengendarai bus wisata bertingkat, Selasa (5/3/2024).

Arak-arakan tersebut mendapatkan sambutan antusias warga. Bahkan, warga rela berdiri di sepanjang jalan, mulai dari gapura pintu masuk Gresik hingga finish di gedung Wahana Ekspresi Poesponegoro (WEP). 

Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani mengatakan penghargaan ini merupakan hasil kolaborasi banyak pihak. Baik itu instansi terkait, masyarakat, perusahaan, akademisi, LSM, media, petugas kebersihan, dan semua lapisan masyarakat.

"Kita semua sangat bangga bisa meraih kembali piala Adipura, setelah 10 tahun menunggu. Penghargaan ini, menjadi bukti kerja keras kita dengan seluruh elemen masyarakat, serta realisasi dari program Nawa Karsa Gresik Lestari," ujarnya. 

Bupati yang akrab disapa Gus Yani menambahkan penghargaan Adipura merupakan kado istimewa bagi Pemerintah Kabupaten Gresik dalam suasana HUT ke-50 Kabupaten Gresik dan Hari Jadi ke-537 Kota Gresik yang mengusung tema 'Harmoni Gresik Baru Lebih Maju'

"Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bepartisipasi dalam upaya memperoleh Adipura ini," ungkap Gus Yani. 

Menurut dia, banyak hal telah dilakukan untuk menjaga tata kelola lingkungan di Gresik. Mulai menjaga kebersihan hingga menangani persoalan sampah dari hulu ke hilir.

"Di hulu kami meminta kepada seluruh desa untuk membangun TPS 3R (Reuse,Redice, Recycle). Melalui Musrenbang yang saat ini berlangsung kami berharap TPS 3R bisa terbangun diseluruh desa," terangnya. 

Sedangkan di hilir, lanjut Gus Yani, Pemkab Gresik elah membangun sejumlah Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST). Salah satunya yang baru saja diresmikan yakni TPST Belaharejo, Kedamean dan Menganti. 

"Pemkab Gresik juga sudah membangun TPST di wilayah utara tepatnya di Kecamatan Bungah dan kepulauan Bawean," terang Bupati Gus Yani. 

Selain itu, masih kata Gus Yani, Pemkab Gresik terus mendorong seluruh perusahaan agar terus bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH)membuat ruang terbuka hijau (RTH)dan taman hutan kota. 

"Kami belum punya hutan kota. Kami berencana membangun di belakang Stadion Gejos. Sesuai dengan visi misi Gresik Lestari, menanam sampai mati," kata Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani.

Lebih jauh Gus Yani mengungkapkan dengan kebersamaan, diharapkan Pemkab Gresik kembali meraih Piala Adipura pada tahun tahun mendatang. 

"Ini merupakan kado HUT Pemkab dan Hari Jadi Kota Gresik," pungkas Gus Yani. 
 

Editor : Agus Ismanto

Follow Berita iNews Gresik di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut