get app
inews
Aa Read Next : Pasar Bandeng Kawak, Tradisi Warga Gresik Sambut Idhul Fitri

Bongko Kopyor, Hidangan Spesial Buka Puasa yang Menggoda Selera

Sabtu, 16 Maret 2024 | 11:52 WIB
header img
Bongko kopyor merupakan kuliner khas Gresik yang paling dicari selama bulan Ramadan.

iNewsGresik.id - Berbuka puasa dengan menu yang berasa manis, menjadi idola para pecinta kuliner. Selain Kolak pisang, kudapan Bongko kopyor juga menjadi menu favorit di bulan suci Ramadhan.

Bongko kopyor merupakan kuliner khas Gresik yang paling dicari selama bulan Ramadan. Kudapan dengan cita rasa manis dan menyegarkan satu ini selalu menjadi primadona sebagai pelengkap takjil.

Pada saat sore menjelang buka puasa, ratusan penjual bongko kopyor berderet menajajakan daganganya, di antaranya di Pondok Permata Suci (PPS), Gresik Kota Baru (GKB) dan di sejumlah sentra pedagang Takjil di Gresik.

Salah satu penjual kuliner bongko kopyor asal Desa Sidomukti Manyar, Fathona(53) mengatakan bahan-bahan dan pembuatan bongko kopyor cukup sederhana.

Bahan-bahan atau isian dari bongko kopyor meliputi bubur sumsum, bubur mutiara, sagu, roti tawar, pisang raja, daging kelapa muda atau kopyor dengan ditambah santan kelapa.

Biasanya ada pula penjual yang menambahkan irisan nangka sebagai pelengkap isian bongko kopyor.

“Selama Ramadan pasti jualan ini, Alhamdulillah hari pertama sudah laku  ratusan bungkus. Saya setiap hari jualan, Alhamdulillah selalu habis,” ungkapnya, Sabtu (16/3/2024).

Kuliner khas Gresik dengan cita rasa manis dan menyegarkan ini juga memiliki keunikan yang membedakannya dengan kuliner-kuliner lainnya. Yakni hanya dijual pada saat bulan ramadhan saja.

“Saya jual bongko kopyor satu tahun sekali dan sudah jadi ciri khas pada saat Ramadan,” tuturnya.

Harga yang ditawarkan oleh Fathona juga sangat murah, dipatok Rp 8.000 per bungkusnya.

Sementara itu, Salat satu pembeli, Abdullah Syafi’i mengungkapkan bahwa Bongko Kopyor menjadi kuliner yang sangat ia nantikan saat bulan Ramadan.

“Sejak kecil suka makanan ini apalagi disantapnya saat berbuka. Semakin nikmat rasanya,” pungkasnya.

Editor : Agus Ismanto

Follow Berita iNews Gresik di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut